Polda Papua Beserta Tokoh Pemuda Hadiri Dialog Interaktif Dengan Tema Wujudkan Papua Damai Dalam Agenda Tahun 2023

28 January 2023 - 16:50 WIB
Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jayapura. Bertempat di Stasiun TVRI Papua, Kabid Humas Polda Papua serta Tokoh Pemuda Papua melaksanakan dilalog interaktif dalam program Papua 60 Menit dengan topik “Wujudkan Papua Damai Dalam Agenda Tahun 2023”.

Dialog interaktif tersebut dihadir Kabid Humas Polda Papua, Kombes. Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom., sebagai naras umber bersama Tokoh Pemuda Doni Gobay dan Tokoh Masyarakat Rudy Waromi.

Baca juga : Polda Kepri Kerahkan Ratusan Personel Bantu Warga Terdampak Banjir

Dalam kesempatan tersebut, Kabid Humas Polda Papua mengatakan bahwa situasi Kamtibmas di wilayah Provinsi Papua saat ini sesuai dengan laporan para Kapolres Jajaran Polda Papua cukup kondusif.

Menurut Kabid Humas yang perlu diantisipasi oleh Polda Papua yaitu pada kesejahteraan rakyat Papua, karena hal tersebut akan berdampak pada keamanan. Dalam hal ini Polda Papua memfokuskan pada beberapa aspek terutama kepada pendidikan dan Kesehatan, jika masyarakat sejahtera maka keamanan akan terwujud.

“Dalam mengantisipasi segala macam persoalan di Tanah Papua, Polda Papua sendiri sudah membentuk operasi-operasi khusus Kepolisian dalam memelihara Kamtibmas, ada Ops Damai Cartenz yang dibentuk untuk penanganan KKB dan KKP serta Ops Rasaka Cartens yang beriorientasi dalam penanganan Harkamtibmas khususnya kesejahteraan masyarakat Papua,” jelas Kabid Humas Polda Papua dalam keterangannya pada Jumat (27/1/23).

Kabid Humas menambahkan, terkait organisasi yang mempunyai paham berseberangan, Polda Papua melakukan pendekatan secara khusus untuk mengembalikan mereka kembali ke rumah yang sebenarnya yaitu merah putih, tentunya hal itu dengan bersinergi bersama pemerintah dan institusi terkait.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Tokoh Pemuda mengungkapkan bahwa kedamaian merupakan harapan seluruh elemen di Papua sehingga damai menjadi resolusi yang harus diwujudkan bersama di Tahun 2023.

Di sisi lain, Rudy Waromi selaku Tokoh Masyarakat juga menyampaikan, dirinya melihat bahwa Injil datang ke Tanah Papua untuk menerangi dunia namun sekarang mulai redup, dalam hal ini membuktikan manusia tidak bisa mengandalkan diri sendiri namun harus selalu mengandalkan Tuhan.

(fa/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment