Polda Babel Bersama Bulog Bangka Laksanakan Sidak Harga dan Stok Beras

20 September 2023 - 19:00 WIB
Foto: babel.antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Pangkal Pinang. Polda Babel bersama Perum Bulog Subdivre Bangka laksanakan inspeksi mendadak (sidak) harga dan stok beras di sejumlah pasar tradisional Kota Pangkalpinang guna memantau perkembangan harga beras.

"Kami ingin memastikan harga beras di masyarakat tidak mengalami kenaikan tinggi karena keterbatasan stok," jelas Kapolda Babel, Irjen. Pol. Drs. Yan Sultra Indrajaya, S.H., dilansir dari antaranews.com, Rabu (20/9/23) pagi.

Kapolda mengatakan dari peninjauan di beberapa pedagang sembako, memang terjadi kenaikan harga beras yang cukup bervariasi mulai dari Rp 500 per kilogram hingga Rp 1.000 per kilogram, karena harga di daerah asal beras yang mengalami kenaikan.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Tinjau Harga Beras di Pasar Mester Jatinegara

Sementara itu, stok beras di sejumlah pedagang masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat karena pasokan dari daerah sentra produksi yang masih berjalan lancar. "Kenaikan harga beras ini sebagai dampak perubahan iklim El Nino yang mengakibatkan hasil padi petani mengalami penurunan," tambahnya.

Irjen. Pol. Yan Sultra Indrajaya juga memastikan stok beras di pedagang dan Bulog mencukupi hingga akhir 2023, namun demikian diperlukan sinergi semua pihak untuk menjaga stabilitas stok dan harga kebutuhan pokok masyarakat ini.

Kapolda berharap pedagang tidak memanfaatkan kondisi El Nino ini dengan menaikkan harga setinggi-tinggi yang akan memberatkan ekonomi masyarakat. "Mudah-mudahan El Nino ini berakhir dan hasil panen padi petani kembali meningkat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," tutupnya.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment