PMI Kirim 500 Unit Tenda Pengungsi ke Gaza

19 June 2024 - 18:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Palang Merah Indonesia (PMI bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan lokal di Palestina, mengirim 500 unit tenda untuk para pengungsi di Gaza.

Kepala Markas Pusat PMI Arifin Muh Hadi menyebut, ratusan unit tenda dengan bobot 40 ton itu, diangkut ke perbatasan Mesir dengan Gaza, menggunakan tiga truk kontainer.

Setiap unit tenda berukuran 4 X 4 meter dan dapat menampung satu keluarga untuk jumlah 4-5 orang. "Tenda-tenda Keluarga bantuan PMI ini telah dilengkapi dengan tools kits, sehingga warga pengungsi dapat mendirikan tendanya secara mandiri maupun dengan fasilitasi Tim Bulan Sabit Merah Mesir, maupun Bulan Sabit Merah Palestina," jelas Kepala Arifin, Rabu (19/6/24).

Ia menyebut, pada Juni 2024 ini, PMI juga sedang memproses pengadaan tenda 500 unit lagi, sehingga nantinya pada akhir Juni, jumlah tenda yang diserahkan untuk pengungsi Palestina dapat mencapai 1.000 unit.

Ia menjelaskan, saat ini akses masuk ke Gaza melalui penyeberangan pintu Rafah masih belum dibuka, namun hasil koordinasi dengan Tim Logistik Bulan Sabit Merah Mesir, ada rute lain yang dapat dilewati yaitu melalui penyeberangan Karam Abu Salem.

"Atas nama Palang Merah Indonesia, kami menyampaikan banyak terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para pendonor dan masyarakat Indonesia atas sumbangan dan bantuannya kepada saudara saudara warga pengungsi Palestina," ujar Kepala Arifin.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment