Peduli Lingkungan, Brimob Laksanakan Patroli untuk Cegah Karthutla

13 September 2023 - 17:30 WIB
Tribunnwes.com

Tribratanews.polri.go.id - Pontianak. Satuan Brimob Polda Kalimantan Barat (Kalbar) dibawah pimpinan Danki 1 Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalbar AKP Imam Krismawan, bersama 4 orang personel lainnya melaksanakan patroli Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) dalam upaya mencegah munculnya titik api di wilayah Provinsi Kalbar. Selasa (12/9/23).

Kegiatan patroli merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh personel Satbrimob Polda Kalbar dengan tujuan untuk mencegah oknum-oknum masyarakat untuk membuka lahan dengan cara membakarnya. 

Baca Juga: Polisi Tangkap Perampok Nasabah Bank Jaringan Internasional

Dalam kegiatan patroli Karhutla ini para personel juga menyempatkan diri untuk menyambangi rumah-rumah masyarakat yang berada didekat dengan lokasi yang rawan akan terjadinya Karhutla dan mensosialisasikan kepada mereka tentang dampak yang dapat ditimbulkan dari, baik itu dampak bagi diri pribadi maupun orang lain.

Personel juga menjelaskan tentang hukuman yang bisa diterima oleh masyarakat apabila mereka kedapatan membuka lahan dengan sengaja membakarnya sesuai dengan hukuman yang terdapat di UURI No.32 Tahun 2009 Tentang Lingkungan Hidup.

Selain menyambangi rumah masyarakat, para personel juga meninjau lokasi yang disinyalir sengaja dibakar dan meminta kepada masyarakat yang berada dekat dengan lokasi tersebut untuk melapor apabila mereka menemukan oknum-oknum masyarakat yang dicurigai ingin membuka lahan dengan cara sengaja membakarnya dilokasi tersebut.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment