Korlantas Polri Gelar Latpraops Patuh 2023 untuk Tingkatkan Kepatuhan dan Tertib Berlalu Lintas

6 July 2023 - 14:30 WIB
Foto: Ntmcpolri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Latihan pra Operasi Patuh 2023 digelar Korlantas Polri dengan mengangkat tema patuh dan tertib berlalu lintas cermin moralitas bangsa diikuti oleh perwakilan personel Induk PJR jajaran Korlantas Polri.

“Latpraops salah satu fungsinya untuk mengetahui bagaimana cara bertindak antara Korlantas dan jajaran serta Operasi Patuh ini berguna bagi kita dan masyarakat. Operasi Patuh akan digelar pada tanggal 10 hingga 23 Juli mendatang,” ungkap  Kabagops Kombes. Pol. Eddy Djunaedi, Rabu (5/7/23).

Kombes. Pol. Eddy Djunaedi mengatakan Kakorlantas sering menekankan harus ada perubahan sebelum melaksanakan pada setiap operasi. Hasil anev yang didapat, masih ada masyarakat atau pengguna jalan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas.

Baca Juga:  Grebek Kampung Sapiria di Makassar, Polisi Tangkap Belasan Warga Pengguna dan Penyewa Alat Isap Sabu

“Golnya menciptakan Kamseltibcarlantas lebih patuh dan tertib. Sebelum operasi Mantap Brata, terlebih dahulu kita melaksanakan Operasi Patuh ini. Terkait dengan larangan, petugas tidak perlu takut penegakan hukum selama mengikuti aturan dan SOP yang ada dan tidak ada melakukan penindakan sendiri,” jelas Kabagops

Kabagops menambahkan, kepatuhan dan ketertiban di jalan tidak hanya penegakan hukum, namun bisa melalui Dikmas, teguran dan imbauan yang humanis. Dalam operasi kali ini tidak diharapkan adanya komplain dari masyarakat serta petugas tidak menjadi pemantik atau pemicu indeks kepuasan masyarakat menurun.

“Diharapkan mindset petugas diubah dan meninggalkan perbuatan yang tidak baik. Melihat kepatuhan masyarakat di luar negeri tambahnya, sejak dini sudah dipersiapkan untuk tertib meskipun ada pelanggaran namun angkanya kecil. Apabila masyarakat baik dan tertib di jalan maka akan baik dan tertib di sendi-sendi lain. Tunjukkan Korlantas menjadi ikon Polisi di jajaran. Munculkan penegakan hukum yang humanis. Jaga nama baik Korlantas. Mudah-mudahan dengan Latpraops ini pelaksanaan Operasi Patuh berjalan dengan aman dan lancar,” jelasnya.

(bg/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment