Kabaharkam Polri Didampingi Kapolda Jatim Tinjau Polisi RW di Surabaya

28 July 2023 - 12:50 WIB
Foto: Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Surabaya. Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si., melakukan pengecekan langsung Program Polisi RW di Kota Surabaya, Kamis (27/7/23).

"Saya bersama Kapolda Jatim, Kakorbinmas Polri, Kapolrestabes, baru saja mengecek di lapangan balai RW 03 di Tambak Segaran. Kami akan terus berikhtiar untuk membantu dan mendukung Bhabinkantibmas dalam program polisi RW. Tadi di rumah rembuk bersama perangkat pemerintah kota tersambung secara daring di 38 jajaran polres se-Jatim melakukan interaksi langsung dengan masyarakat dan tiga pilar," jelas Kabaharkam Polri.

Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si., mengatakan akan terus berikhtiar untuk membantu dan mendukung Bhabinkantibmas dalam program Polisi RW.

“Alhamdulillah baik Polisi RW, Ketua RW, tokoh dan warga berbagi cerita dan harapannya agar program Polisi RW terus di lanjutkan,” tambah Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si.

Kabaharkam Polri menyebut dengan kehadiran Polisi RW keluh kesah warga dan masyarakat dapat tersalurkan.

“Berbagai macam keluh kesah warga tersampaikan, baik masalah kamtibmas maupun masalah lain terkait dengan pemerintahan, seperti kelangkaan pupuk, LPG hingga soal bank titil,” ungkap Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si.

Mantan Kapolda Jatim ini menambahkan, adanya Polisi RW dan Bhabinkantibmas ini banyak potret yang didapat.

“Ini yang kami inginkan karena semakin dalam keluh kesah dan permasalahan yang kami dengarkan membuat kami lebih memahami dan lebih baik,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sahli Kapolri Berikan Sosialisasi Penyegaran Pemahaman HAM Bagi Anggota Polri di Polda Banten

Dengan demikian lanjut Kabaharkam Polri, harapan Polri makin dekat dengan Masyarakat akan dapat diwujudkan.

“Jadi apa yang disampaikan oleh Bapak Kapolri untuk menjadi sosok Polisi yang melindungi, melayani dan mengayomi dengan banyak mendengarkan tidak anti kritik lalu bermanfaat, akan benar-benar diwujudkan,” tutur Kabaharkam Polri.

Kabaharkam Polri itu juga mengapresiasi kinerja Polda Jatim yang telah bekerja maksimal dalam menciptakan dan memelihara kamtibmas.

“Saya apresiasi kepada jajaran Polda Jatim khususnya Direktorat Binmas yang bekerja sangat maksimal, memetakan seluruh potensi daerah, mengerahkan seluruh SDM Polri yang dimiliki Polda Jatim untuk turun ke lapangan mendengarkan,” lanjutnya.

Kabaharkam Polri itu nantinya juga akan mengevaluasi terkait kinerja Polisi RW setiap bulan mulai dari Polres, Polda sampai Mabes.

“Kita akan evaluasi, dari menyangkut personel, kemampuan dan kegiatannya, apakah kegiatannya sudah berhubungan langsung dengan apa yang diharapkan Masyarakat,” jelas Kabaharkam Polri.

Untuk diketahui di Kota Surabaya Polisi RW sudah tersebar di 1.141 RW. Artinya keberadaan Polisi RW di Surabaya sudah terpenuhi.

“Ini tinggal meningkatkan terus kualitas, sinergitas maupun kerja samanya untuk menyelesaikan persoalan di basis komunitas. Supaya tidak perlu persoalan naik ditingkat atas dan cukup diselesaikan di Polisi RW,” tutup Kabaharkam Polri.

(rd/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment