Maksimalkan Upaya Pemenuhan Hak Anak, Menteri PPPA : Forum Anak Nasional dan Forum Genre Indonesia Siap Kolaborasi

5 September 2022 - 13:00 WIB

Tribratanews.polri.go.id -  Jakarta. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mendorong kolaborasi dan sinergitas program Forum Anak Nasional dan Forum Genre (Generasi Berencana) Indonesia dalam memaksimalkan upaya – upaya perlindungan maupun pemenuhan hak anak di Indonesia.

“Kedua wadah ini (Forum Anak Nasional dan Forum Genre Indonesia) adalah kekuatan kita, karena anak – anak ini adalah champion – champion kita untuk menyukseskan program – program kita di pemerintahan,” ujar Menteri PPPA, dalam Audiensi Forum Anak Nasional dan Forum Genre Indonesia, di Jakarta, pada Jumat (2/9).

Sebagaimana diketahui, pada 21 Agustus 2022 lalu, Menteri PPPA telah dikukuhkan sebagai Bunda Genre Indonesia oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, Menteri PPPA banyak menggali informasi, khususnya mengenai program dan kegiatan yang dilakukan oleh Forum Genre Indonesia guna memetakan program dan kegiatan yang strategis untuk dikolaborasikan bersama Forum Anak Nasional.

“Bicara mengenai hal – hal yang perlu kita lakukan untuk sinergitas program, kami di Forum Genre Indonesia sudah me-launching program “1 desa 1 duta”, dan juga tahun ini kami berencana membuat program “Tentang Kita” yang melibatkan penyandang disabilitas untuk memastikan inklusivitas program. Kita bisa bersinergi bersama FAN di program ini agar program ini bisa tersampaikan langsung ke anak – anak, termasuk anak penyandang disabilitas. Bicara tentang kabupaten/kota ataupun kecamatan, kita berada dibawah dinas yang sama, sehingga cocok untuk kita bisa berkolaborasi bersama,” ujar Ketua Forum Genre Indonesia, Noer Alif Baslamin.

Selain itu, Teliana Juwita dari Forum Genre Indonesia juga mengungkapkan perlunya kolaborasi dengan Forum Anak Nasional dalam hal memberikan sosialiasi mengenai implementasi UU TPKS agar anak dan remaja Indonesia dapat mengetahui apa yang harus dilakukan ketika mengalami, melihat, atau mendengar adanya kekerasan seksual.

“Berkaitan dengan UU TPKS, itu juga berkesinambungan dengan poin ketiga dalam Suara Anak Indonesia tahun ini. Kemudian, memang kita di Forum Anak Nasional ini selalu beririsan dengan Forum Genre Indonesia. Ke depannya, semoga akan ada banyak program yang bisa dijalankan bersama,” ujar Adit, Pengurus Forum Anak Nasional dari DKI Jakarta.

Menteri PPPA kemudian menekankan bahwa Forum Anak Nasional dan Forum Genre Indonesia ini merupakan dua wadah yang saling melengkapi dan menguatkan satu sama lain. Forum Anak Nasional dan Forum Genre bisa berjalan beriringan dan tidak terpecah satu sama lain dalam menjalankan berbagai program dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak di Indonesia, misalnya dalam isu pencegahan perkawinan anak dan isu stunting.

“Selain itu, saya harapkan juga BKKBN tidak hanya mempromosikan Forum Genre Indonesia, namun dapat turut menyuarakan Forum Anak Nasional. Begitupun sebaliknya, KemenPPPA juga turut mempromosikan Forum Genre Indonesia, tidak hanya Forum Anak Nasional. Sehingga, kedua wadah ini tidak terkotak – kotakkan pada masing – masing institusi saja, tetapi milik kita bersama dan saling melengkapi satu sama lain,” ujar Menteri PPPA.

Lebih lanjut, Menteri PPPA berharap akan adanya diskusi lebih lanjut yang lebih intens antara Forum Anak Nasional dan Forum Genre Indonesia untuk dapat membuat program – program bersama. Sehingga, apa yang dilakukan oleh Forum Genre Indonesia, juga dilakukan oleh Forum Anak Nasional, dan begitupun juga sebaliknya.

Sumber : kemenpppa.go.id


in PPPA
# PPA

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.689.532

Sembuh

6.481.690

Meninggal

160.112

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 8 December 2022 - 09:00
Sign in to leave a comment