Rizki Juniansyah Tambah Mendali Emas Indonesia di Angkat Besi Olimpiade 2024

9 August 2024 - 17:04 WIB
NOC

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Indonesia berhasil mendapatkan emas kedua di Olimpiade Paris 2024. Adalah Rizki Juniansyah, lifter muda 21 tahun yang mempersembahkan medali emas di cabor weightlifting kelas 73 kg.

Rizki pun naik podium tertinggi dan membuat lagu kebangsaan Indonesia Raya kembali berkumandang di Olimpiade Paris 2024. Sebelumnya, atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo terlebih dulu meraih medali emas, pada Kamis (8/8/24).

Di fase snatch, Rizki Juniansyah mencatatkan angkatan 155 kg. Dia sempat mencoba naik ke 162 kg, tapi gagal. Rizki harus puas dengan angkatan 155 kg.

Angkatan ini membuatnya berada di peringkat kedua sementara. Ia berhasil mengangkat beban yang sama dengan Luis Mosquera (Kolombia) dan kalah dari lifer China, Shi Zhiyong yang berhasil mengangkat beban 165kg.

Lalu, di fase clean and jerk, Rizki tidak lagi terbendung. Di angkatan pertama, dia mencapai beban 191 kg. Di angkatan kedua, dia mencapai beban 199 kg, meski sempat sedikit kesulitan.

Di angkatan ketiga, Rizki tidak mencoba untuk mengangkat. Namun dengan total angkatan 354kg, Rizki menjadi yang terbaik dan meraih medali emas.

(rz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment