Berikut 5 Jenis Olahraga Yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

12 May 2022 - 00:21 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Memiliki kadar kolesterol yang tinggi membuat kamu memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi.

Olahraga akan merangsang enzim yang berguna mengeluarkan kolesterol jahat dari darah ke hati. Kemudian kolesterol tersebut diubah menjadi empedu sebagai proses pencernaan atau dikeluarkan dari tubuh. Olahraga sendiri juga dapat membantu memperbesar partikel kolesterol jahat di dalam darah. Karena partikel kecil itu justru akan lebih berbahaya. Rabu, (11/5/22).

Sebab, akan lebih mudah menembus lapisan jantung dan pembuluh darah, disitulah terjadi penumpukan kolesterol jahat.

Berikut 5 jenis olahraga yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat

1. Bersepeda

Olahraga bersepeda bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan begitu, resiko penyakit jantung juga akan berkurang. Selain itu, bersepeda juga dapat membakar kalori. Kamu bisa memiliki sepeda dengan ukuran yang tepat dan nyaman agar mudah dibawa kemanapun.

2. Jogging

Olahraga jogging atau jalan cepat juga bermanfaat banyak bagi kesehatan. Olahraga ini merupakan langkah yang baik agar sistem peredaran darah tetap sehat. Bahkan jogging dianggap lebih baik ketimbang lari. Kamu bisa memulainya dengan berjalan di sekitar komplek rumah kamu, atau di fasilitas yang telah disediakan.

3. Berlari

Olahraga ini jika dilakukan secara teratur dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Berlari akan membuat tubuh kamu menjadi lebih bugar, berat badan menurun, dan juga peningkatan kesehatan mental. Dengan turunnya kadar kolesterol dalam darah, resiko penyakit jantung juga akan berkurang.

4. Latihan beban

Latihan beban bisa dilakukan dengan olahraga ringan seperti push up, angkat besi, dan sit up. Dikutip dari jurnal Sports Medicine, mengungkapkan bahwa seseorang dengan kondisi pramenopause yang sudah menjalani sesi latihan beban mengalami penurunan kolesterol dalam tubuhnya kurang dari 14 minggu.

5. Berenang

Olahraga renang dapat memperkuat organ jantung dengan cara membuat kerjanya lebih efisien saat memompa darah. Berenang juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam darah.

Share this post

Sign in to leave a comment