Waspada Penipuan Aplikasi Pencairan Dana Bantuan Sosial Dari Pemerintah

24 June 2023 - 10:00 WIB
Foto: Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ramai menjadi perbincangan sebuah unggahan di Facebook yang menarasikan adanya aplikasi untuk pencairan dana bantuan sosial dari pemerintah.

Dalam unggahan tersebut, terdapat panduan mendaftar dan tautan untuk langsung mengunduh aplikasi yang dimaksud. Kemudian dalam postingan tersebut turut dijelaskan bahwa aplikasi tersebut hanya perlu memasukkan data diri, seperti nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP), nama lengkap, dan data lainnya.

Baca Juga:  Ganda Campuran Indonesia Rehan-Lisa Kalah di 16 Besar Taipei Open 2023

Faktanya, dilansir dari antaranews.com,  Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial (Kemensos) Hasim menegaskan bahwa pengecekan daftar penerima bantuan sosial hanya dilakukan melalui halaman resmi Kemensos.

Selain itu, aplikasi Cek Bansos yang secara resmi dikembangkan Kemensos sampai saat ini hanya dapat melihat dan mengecek data penerima bantuan sosial.

Hingga saat ini, bantuan sosial dari pemerintah disalurkan langsung kepada penerima bantuan. Masyarakat dapat mengetahui informasi terkait bantuan sosial melalui cekbansos.kemensos.go.id atau media sosial resmi milik Kemensos.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment