Universitas Nagoya Tawarkan Bantuan Gempa Cianjur

29 November 2022 - 08:42 WIB
Foto: Nagoya-University

Tribratanews.polri.go.id - Bencana gempa bumi di Cianjur mengundang keprihatinan mancanegara. Setelah Kedubes Malaysia memberi bantuan langsung ke Cianjur, kini universitas di Jepang juga memberi bantuan. Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyambut baik tawaran kerja sama penanganan kebencanaan di Indonesia dari Universitas Nagoya, Jepang.

"Kami menyambut baik tawaran kerja sama penanganan kebencanaan di Indonesia dari Universitas Nagoya. Indonesia dan Jepang sama-sama rawan akan bencana. Oleh karenanya, diharapkan Indonesia dapat memperoleh manfaat dari pengalaman Jepang dalam menangani bencana alam,” ujar Dubes Heri

Baca Juga: Ini 3 Wilayah yang Akan Dijadikan Tempat Relokasi Korban Gempa Cianjur

Dubes Heri mengatakan, KBRI Tokyo melalui Atase Pendidikan akan menyiapkan mekanisme kerja sama penanganan kebencanaan dengan Universitas Nagoya. Dalam pertemuan tersebut, Rektor Universitas Nagoya Profesor Sugiyama Naoshi menyatakan  "Turut berduka atas korban jiwa dari musibah gempa di Cianjur. Kami siap membantu dalam penanganan bencana gempa di Indonesia, Nagoya University memiliki pengalaman dan fasilitas riset terkait dengan penanganan bencana alam," ungkap Sugiyama Naoshi.

Pertemuan dengan Rektor Nagoya ini dilakukan di sela-sela kegiatan Ambassador Goes to Campus yang merupakan bagian dari Indonesia Friendship Day 2022. Dalam kuliah umum yang dihadiri oleh lebih dari 50 mahasiswa Nagoya University, selain membahas terkait mitigasi bencana, Dubes Heri juga memaparkan sejarah, dan perkembangan kerja sama Indonesia dan Jepang, khususnya di sektor perdagangan dan investasi.

Dalam kunjungan ini, Dubes Heri Akhmadi melakukan dialog dengan mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Universitas Nagoya. Sepanjang 2022 Dubes Heri Akhmadi melakukan kunjungan ke sejumlah kampus ternama di Jepang dalam program Ambassador Goes to Campus. Selain berdialog dengan mahasiswa Indonesia dan promosi seni dan budaya, Dubes Heri terus mendorong kerja sama riset dan pendidikan antar kampus Indonesia dan Jepang.


(ta/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment