Presiden WWC Memuji World Water Forum ke-10 di Bali dengan Penyelenggaraan Terbaik

19 May 2024 - 14:30 WIB
CNN

Tribratanews.polri.go.id – Bali. Presiden World Water Council Loïc Fauchon memuji World Water Forum ke-10 yang digelar di Bali sebagai penyelenggaraan terbaik yang pernah dia lihat.

"Empat tahun yang lalu kami mulai mengerjakan World Water Forum ini. Dan selama empat tahun tersebut, kementerian dan seluruh tim menjadi water messenger, dan sekarang kalian menjadi water champions," ungkapnya usai upacara Segara Kerthi di Pantai Surf Surf By The Wave, Kawasan Kura Kura Bali, Denpasar, Sabtu (18/5/24).

Saya bisa mengatakan itu karena saya terlibat dalam persiapan WWF sejak awal 30 tahun yang lalu. Ini adalah persiapan yang paling professional dan efisien yang pernah saya lihat. Loïc juga meyakini forum yang dilaksanakan di Bali pada 18-25 Mei ini akan membuat Indonesia menjadi Diplomatic Victory.

Baca Juga: Pimpinan KKB Wilayah Dokoge-Paniai Peni Pekei Ditangkap

"Saya yakin pada sore yang baik ini dan usai upacara yang indah ini, bahwa forum ini akan menghasilkan kemenangan diplomatik untuk Indonesia dan akan menjadi forum yang sukses dan lancar," ujarnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Ketua Harian Panitia Nasional Penyelenggara World Water Forum ke-10 Basuki Hadimuljono menambahkan penjelasan Loïc terkait Diplomatic Victory. Menurutnya, ada tiga poin yang membuat Indonesia menjadi Diplomatic Victory pada gelaran air internasional terbesar ini.

Pertama, World Water Forum ke-10 merupakan WWF pertama yang memiliki Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) kepala negara. Kemudian, WWF ke-10 juga menjadi WWF pertama yang akan memuat minsterial declaration.

Basuki Hadimuljono menjelaskan , WWF kali ini juga menjadi yang pertama yang memiliki "compendium, artinya ada concrete deliverables beberapa proyek yang ditandatangani di WWF ini."

"Tiga hal itu yang menjadikan beliau menyampaikan diplomatic victory Indonesia dalam World Water Forum," jelas Basuki.

(rz/pr/nm)

in

Share this post

Sign in to leave a comment