Kompolnas: Sikap Bripka Handoko Tunjukkan Sisi Humanis Polri

28 March 2023 - 10:06 WIB
okezone.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Video viral di media sosial terkait aksi Bripka Handoko yang membukakan pintu sel di Polsek Maro Sebo, Jambi, agar tahanan bisa memeluk anaknya. Aksi itu pun mendapat perhatian dari Kompolnas dan dianggap menunjukkan sisi humanis dari Polri.

"Apa yang dilakukan Bripka Handoko menunjukkan, polisi itu humanis dalam menjalankan tugasnya. Sisi humanis polisi itulah yang diharapkan masyarakat," jelas Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti, Senin (27/3/23).

Baca Juga: Polri Telah Menetapkan 5 Komisioner KPU Maluku Jadi Tersangka Korupsi

Menurutnya, sebagai orang-orang yang dilindungi, diayomi dan dilayani Polri, masyarakat akan lebih respect pada polisi jika polisi tersebut menunjukkan sisi manusiawi dan empatinya kepada masyarakat. Sisi empati itu di antaranya, menyapa masyarakat dengan senyum atau jika dikaitkan dengan kewenangan penahanan, menahan perempuan hamil dan perempuan menyusui.

“Apalagi, saat Bripka Handoko membuka pintu, pasti dia sudah memperhitungkan, tidak ada sesuatu yang berbahaya. Karena
ruang tahanan dan barang bukti tertutup. Sehingga kondisinya aman. Untuk itu, saya berpesan agar Bripka Handoko dan anggota Polsek Maro Sebo selalu sehat dan menjalankan tugas dengan baik,” tutupnya.

(my/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment