Kominfo: PIP Punya Peran Penting Bantu Sukseskan Pemilu 2024

10 June 2023 - 09:00 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menjelaskan penting para Penyuluh Informasi Publik (PIP) untuk membantu menyukseskan Pemilu 2024.

"Peran penting PIP yang pertama ialah meningkatkan pemahaman masyarakat tentang prinsip-prinsip pemilu," ujar Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo Hasyim Gautama, Jumat (9/6/23).

Ia mengatakan prinsip-prinsip pemilu yang dimaksud ialah langsung, umum, bebas, rahasia (luber) dan jujur serta adil (jurdil). Harapannya, setelah masyarakat dibekali pengetahuan tentang prinsip pemilu, maka akan bisa memahami bagaimana prinsip tersebut dan diimplementasikan saat Pemilu 2024.

Kedua, PIP juga berperan dalam mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi saat pemilu serentak berlangsung terutama ketika hari pencoblosan berlangsung.

Baca Juga:  Total Peserta Sementara yang Daftar Lomba Konten Kreatif Polri 2023 Capai 730 Orang

"PIP harus bisa berperan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar hadir ke tempat pemungutan suara," jelas Hasyim.

Peran ketiga yaitu menyampaikan mekanisme tentang penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut kepada masyarakat luas, misalnya, terkait jadwal pencoblosan dan lain sebagainya.

Kemudian yang tidak kalah penting ialah peran PIP meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terkait maraknya hoaks atau berita bohong yang berseliweran di media sosial.

"Ini penting supaya tidak ada isu-isu nyeleneh yang muncul. Saya yakin PIP bisa menjadi panutan dan rujukan terhadap informasi yang beredar," jelas Hasyim.

Terakhir, keberadaan PIP diharapkan menjadi semacam penengah bagi masyarakat bahwa perbedaan sikap dalam politik merupakan hal yang bisa, dan diharapkan tidak menimbulkan perpecahan atau konflik.

(ndt/hn/um)

in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment