Kapolda NTT Tegaskan Sikap Polri Netral di Pemilu 2024

25 March 2023 - 21:46 WIB
katantt.com

Tribratanews.polri.go.id - Kupang. Tahapan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 sudah mulai dilakukan sejak awal tahun 2023 ini. Kapolda NTT, Irjen. Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.I.K., M.Hum, menegaskan bahwa komitmen Polri dalam Pemilu 2024 yaitu selalu bersifat netral, tidak berpihak kepada pihak manapun. Polri juga tidak memilih atau dipilih, tidak melibatkan diri dalam politik praktis dan pemilu dapat berjalan dengan aman.

"Polri tidak bisa berkerja sendiri untuk itu, saya minta partisipasi seluruh masyarakat untuk selalu taati aturan-aturan yang berlaku. Termasuk mahasiswa harus menjadi contoh bermasyarakat yang patuh hukum", tegas Kapolda NTT, Jumat (24/3/23).

Baca juga : Ciptakan Pemilu 2024 Aman dan Damai, Kapolri Minta Bareskrim Polri Aktif di Sentra Gakkumdu

Kapolda NTT menjadi narasumber dalam dialog interaktif bersama mahasiswa Undarma Kupang di Aula Rektorat Kampus B Undarma Kupang. Kegiatan ini mengusung tema `Potret Pesta Demokrasi 2024`, dan menghadirkan narasumber dari KPU Provinsi NTT dan Bawaslu NTT.

Kapolda NTT menyebutkan bahwa Pemilu serentak tahun 2024 merupakan Pemilu pertama yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Terdapat elemen dalam Pemilu, dengan regulasi yang menetapkan Polri untuk menerbitkan SKCK untuk calon legistlatif.

"Polri juga punya kewenangan untuk melakukan proses hukum terhadap pemalsuan dokumen dalam Pemilu," ungkapnya.

Polri juga mengadakan pembimbingan dan penyuluhan pada masyarakat untuk sama-sama menjaga Kamtibmas selama pelaksanaan pemilu, serta mengamankan pelaksanaan pemungutan suara, menegakkan hukum melalui wadah Gakkumdu dan melaksanakan operasi Mantap Brata secara terpusat dari Mabes hingga Polres serta membangun sinergritas dengan TNI, KPU, Bawaslu, Pemda, Parpol, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan media.

(my/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment