Informasi Palsu, Pimpinan Dunia Desak Presiden Jokowi Segera Dilantik Menjadi Sekjen PBB

2 February 2023 - 01:40 WIB
Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ramai sebuah unggahan video di Facebook yang mengklaim, demi kestabilan ekonomi global, para pemimpin dunia mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera dilantik menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Dalam narasi video tersebut turut menampilkan para pemimpin dunia sedang dalam sebuah ruangan. Di antaranya, Sekjen PBB Antonio Guterres terlihat sedang berbincang dengan Presiden Jokowi.

Baca juga : Hoax! Pembunuhan Anak dengan Diambil Organ Dalam

Faktanya dilansir dari Kominfo.go.id, Rabu (1/2/23), video dengan narasi yang menjelaskan para pemimpin dunia desak Presiden Jokowi segera dilantik menjadi Sekjen PBB adalah hoax/salah.

Dari hasil penulusuran cekfakta.tempo.co, diketahui potongan video yang menampilkan beberapa kepala negara tersebut membahas isu-isu penting bagi masing-masing negara dan juga dunia. Di antaranya, penanganan pandemi Covid-19, pemulihan perekonomian global, ketahanan iklim dan perdamaian dalam keberagaman.

Topik-topik tersebut dibahas dalam Sidang Umum PBB di New York, yang tahun kegiatannya tidak sama, yaitu mulai dari 2018, 2019, hingga 2021.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment