[HOAKS] Foto Antrean Beras Zaman Dulu dan Sekarang

23 April 2024 - 22:00 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tersebar sebuah unggahan foto di Facebook yang menampilkan kolase dua foto. Foto pertama menampilkan gambar hitam putih beberapa orang yang sedang mengantre disertai narasi "antri beras tahun 1965".

Sementara itu, foto kedua menampilkan beberapa orang yang sedang antre dan disertai dengan narasi "antri beras tahun 2024". Unggahan kolase foto tersebut juga tertulis narasi "Kok hampir sama dgn jaman pki".

Baca Juga: Sukseskan Ops TR dan Ketupat LK 2024, Kapolres Inhu Terima Penghargaan dari Kapolda Riau

Melansir dari situs turnbackhoax.id, Minggu (21/4/24), klaim narasi pada unggahan tersebut adalah tidak benar. Namun faktanya, foto pertama pada kolase foto tersebut merupakan antrean warga lokal Indonesia yang mengantre untuk pembagian baju oleh Palang Merah pada September 1947.

Foto tersebut diambil oleh John Florea yang terabadikan pada laman images.google.com. Sedangkan foto kedua pada kolase tersebut merupakan foto antrean beras Warga Bandung pada tahun 2023. Foto tersebut diambil dari artikel berita jabar.idntimes.com dengan judul "Warga Bandung Rela Antri Berjam-jam Demi Beras dan Minyak Murah".

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment