Berikut 7 Keajaiban Dunia di Indonesia, Menarik Untuk Dikunjungi

18 November 2022 - 14:25 WIB
Foto : (travel.okezone.com)

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Indonesia memiliki banyak kekayaan warisan alam dan budayanya. Bahkan ada tujuh yang sudah diakui sebagai keajaiban dunia dan menjadi daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri.

Dikutip dari travel.okezone.com, inilah tujuh daftar keajaiban dunia di Indonesia yang menawarkan keindahan, keunikan, serta pengalaman luar biasa jika dikunjungi. 

Baca Juga : Inilah 5 Minuman Khas Sumatera yang Alami dan Menyehatkan Tubuh

1. Candi Borobudur
Di urutan pertama adalah Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah. Candi dengan banyak stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah kuil Buddha terbesar di dunia dan salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Menurut bukti sejarah, Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14 seiring melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa serta mulai masuknya pengaruh Islam. Kemudian dunia mulai menyadari keberadaan bangunan ini, sejak ditemukan pada 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang kala itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa.

Nah, sejak saat itulah Candu Borobudur telah mengalami serangkaian upaya penyelamatan dan pemugaran. Proyek pemugaran terbesar digelar pada kurun waktu 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO. Kemudian situs bersejarah ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia. Kini Candi Borobudur menjadi bagian dari destinasi super priritas yang telah ditetapkan oleh Kemenparekraf.

2. Pulau Komodo
Ada Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT). Beberapa tahun lalu, destinasi wisata ini masuk ke dalam New 7 Wonders. Karena pulau tersebut menjadi habitat asli Komodo yang merupakan hewan purba yang hingga kini masih hidup dan dijaga kelestariannya.

Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam. Salah satunya, kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian.

Pulau Komodo juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena dalam Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang.

3. Pegunungan Jayawijaya
Ini merupakan rangkaian pegunungan di Papua ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia, dengan Puncak Jaya setinggi 4.884 meter dari permukaan laut (MDPL). Di puncak pegunungan Jayawijaya terdapat salju abadi. Namun, kini jumlahnya semakin menipis akibat pemanasan global.

4. Danau Toba
Berada di Sumaterq Utara, danau Ini masuk ke dalam daftar keajaiban dunia. Danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Toba sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun silam. Letusan itu merupakan letusan eksplosif terbesar di Bumi dalam kurun 25 juta tahun terakhir.

Hingga saat ini Danau Toba menjadi danau vulkanik nomor 2 terbesar di Asia Tenggara. Tak hanya itu saja, Kemenparekraf juga menetapkan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas Indonesia. Di area Danau Toba juga terdapat objek wisata air terjun tertinggi di Indonesia, yaitu air terjun Sipiso-piso.

5. Kawah Ijen
Bagi yang hobi naik gunung, tentunya tak akan melewatkan sensasi mendaki ke Gunung Ijen, Banyuwangi, Bondowoso, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.386 mdpl dan terakhir meletus pada tahun 1999.

Di Kawah Ijen, ada keajaiban blu fire (api biru) yang muncul dari kawahnya. Api biru ini merupakan salah satu fenomena alam paling unik di Indonesia. Bagi yang ingin melihat blue fire harus sampai sebelum matahari terbit.

6. Rafflesia Arnoldii
Keajaiban dunia yang ada di Indonesia selanjutnya adalah Rafflesia Arnoldii. Tanaman ini tumbuh di Pulau Sumatera, Kalimantan dan Bogor, Jawa Barat. Sehingga Indonesia juga menjadi habitat aslinya.

Bunga ini pertama kali ditemukan pada 1818 oleh Dr. Joseph Arnold dan Sir Thomas Stamford Raffles di hutan tropis Sumatera. Bunga ini ditemukan pertama kali di dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan. Tak heran, Bengkulu dikenal sebagai Bumi Rafflesia.

Ciri khas bunga ini memiliki bau yang tajam. Bunga ini menjadi salah satu bunga terbesar di dunia. Karena memiliki diameter mencapai satu meter. Keunikan tersebut menjadikannya sebagai salah satu keajaiban dunia di Indonesia.

7. Raja Ampat
Ini merupakan rangkaian kepulauan berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik dengan keindahan pemandangan bawah lautnya.

Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.

(bg/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment