Aipda Vinsensius Loye, Sosok Polisi yang Menginspirasi Masyarakat

31 January 2023 - 21:40 WIB
Polri

Tribratanews.polri.go.id - NTT. Kasubditcakal Unit Pol Satwa Ditsamapta Polda NTT, Aipda Vinsensius Loye, di tengah kesibukannya menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai abdi negara, memiliki prestasi dan melakukan hal positif lain yang bahkan melebihi dari tugas utamanya hingga aksinya tersebut mampu menginspirasi orang lain. Senin, (31/1/23).

Aipda Vinsensius Loye adalah Ketua RT di lingkungan tempat tinggalnya ini memprakarsai bantuan langsung ke warga tidak mampu, semuanya ini ia lakukan dengan biaya sendiri dan swadaya dari warga masyarakat. Aipda Vinsensius Loye, juga sekaligus menjabat sebagai Ketua Sadar Hukum dan Ketua Proklim (Program Kampung Iklim).

Baca juga : Bibit Terong Ungu Jadi Jurus Jitu Peningkatan Ekonomi Kabupaten Balangan

Di sela-sela tugasnya sebagai seorang Polisi, ayah dari empat orang anak ini pun menggiatkan kegiatan sosialisasi tentang sadar hukum guna memberdayakan masyarakat akan pentingnya wawasan dan pengetahuan akan hukum, yang mana program ini dilakukan atas kerja sama dengan Kemenkumham NTT.

Sosok Aipda Vinsensius memang tidak asing lagi bagi warga masyarakat di RT 041, RW 001 khususnya dan Kelurahan Liliba pada umumnya. Selain memiliki pergaulan yang cukup luas dengan segala lapisan masyarakat, Vinsensius juga kerap dikenal sebagai Polisi yang sangat cinta dan peduli akan lingkungan hijau. 

Dan itu semua dibuktikan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukannya seperti menanam pohon, mengadakan tempat sampah dan membangun landasan kontainer sampah, sehingga sampah yang dikumpulkan nantinya akan diolah.

Bahkan lingkungannya sering mendapatkan juara 1 lomba kebersihan lingkungan antar RT yang diadakan oleh Kelurahan Liliba, Kota Kupang.

Sebagai Ketua Proklim dia melibatkan warganya untuk melakukan mitigasi sebagai upaya pencegahan penyebab perubahan iklim sekaligus mengurangi peningkatan emisi gas rumah kaca ke atmosfer, seperti berprilaku hemat energi, pengelolaan sampah dan penanaman pohon.

Di bidang keamanan, membentuk Linmas dengan merekrut tiga orang warganya guna bertugas melaksanakan pengamanan pada acara-acara kemesayarakatan maupun tugas patroli khususnya di wilayah RT 041.  Bersama warga Ia juga membangun Pos Kamling guna mewujudkan keamanan lingkungan.

Aipda Vinsensius Loye mengaku dalam aktifitasnya, tidak menggangu pekerjaannya sebagai abdi negara. 

"Ini malah menjadi motivasi bagi saya untuk membantu dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat", ungkapnya.

Aipda Vinsensius Loye, menyampaikan bahwa program-program yang ia lakukan pun tidak lepas dari dukungan dari pada keluarga, pimpinan, rekan kerja serta warga masyarakat khususnya di RT 041

"Selian itu, ada tim yang membantu dan mendukung setiap kegiatan yang saya lakukan. Tim itu beranggotakan 12 orang dan diberi nama tim 12", tambahnya.

Terobosannya dalam memerhatikan masyarakat yang membutuhkan juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak, baik dari kalangan Lurah, tokoh masyarakat, hingga kalangan akademisi.

David Loba, S.Pd., M.Pd., selaku Sekretaris RT 041 dan juga merupakan Dosen PJKR di UNKRIS mengaku, mengenali sosok Aipda Vinsensius Loye sebagai polisi inspiratif yang akrab dengan masyarakat. Ia bahkan sering membantu dan mensuport kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Aipda Vinsensius Loye.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment