Polri Turunkan 350 Pasukan Bantu Evakuasi dan Penanganan Gempa di Cianjur Jawa Barat

22 November 2022 - 12:01 WIB
Foto : Dok. PID Divhumas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Cianjur. Ratusan Polisi diterjunkan untuk membantu proses evakuasi dan penanganan gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Mereka terdiri dari personel Sabhara, Brimob hingga Pusdokkes Polri.

Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., mengatakan lebih kurang 350 personel telah dikirimkan sejak kemarin malam. Pihaknya juga siap mengirimkan personel tambahan untuk membantu penanganan bencana. "Bantuan ini dalam rangka untuk sedikit mengurangi beban masyarakat," jelasnya.

Polri juga memberikan 3.000 paket sembako untuk para korban gempa. Tidak hanya itu, Polri juga memberikan paket non sembako seperti selimut, kebutuhan perempuan, dan kebutuhan anak.

"Kita sangat prihatin dan mendoakan saudara kita yang meninggal mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Kita juga mendoakan saudara kita yang dirawat semoga diberi kesembuhan," jelas Jenderal Bintang Dua tersebut.

Pihaknya fokus untuk melakukan evakuasi dan identifikasi korban. Berdasarkan laporan sementara Pusdokkes Polri, korban-korban yang dirujuk Rumah Sakit sebanyak 90 persen telah diidentifikasi. "Tinggal sedikit saja yang belum diidentifikasi. Tim DVI sedang berupaya mengidentifikasi korban dan segera menyerahkan ke pihak keluarga," ungkap Kadiv Humas Polri.

Kadiv Humas juga mengatakan, penanganan gempa ini memerlukan sinergitas, kerja sama, dan kolaborasi antara Pemerintah Daerah,TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana, Basarnas, Relawan, dan seluruh elemen masyarakat. Berdasarkan data per tadi malam tercatat ada ratusan korrban jiwa akibat gempa magnitudo 5,6 ini. puluan orang yang luka-luka dan ada 13.784 pengungsi.

Sebanyak 14 posko pengungsian telah didirikan untuk memfasilitasi 13.784 pengungsi yang terdampak gempa. Sejauh ini tercatat 2.345 unit rumah yang hancur dengan skala kerusakan mulai dari 60 hingga 100 persen.


(ta/bg/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment