Polda Bali Tanam Pohon Sorgum, Kapolda: Jaga Ketahanan Pangan dan Sambut HUT Bhayangkara

20 June 2024 - 11:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-78, Polda Bali mengadakan kegiatan menanam pohon sorgum di Desa Nyanglan, Kabupaten Klungkung Rabu (19/6/24).

Penanaman juga dilakukan guna menjaga ketahanan pangan di wilayah tersebut.

"Namanya Tresna Gumi, merupakan salah satu program yang dimiliki Polda Bali untuk menggerakkan potensi PNPP khusus wanita dalam memberikan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat melalui ketahanan pangan," jelas Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kd Putra Narendra, Rabu (19/6/24).

Kapolda menjelaskan, lahan yang ditanami pohon sorgum itu memiliki luas 1.300 M2 (13 are). Adapun bibit sorgum diberikan oleh Dinas Pertanian Provinsi Bali dengan tujuan untuk menggerakkan potensi pegawai negeri pada Polri, khususnya wanita, dalam mengedukasi dan pelatihan bagi masyarakat dan petani milenial.

Baca Juga: Tinjau Program Pompanisasi di Jawa Tengah, Presiden Jokowi Harap Bisa Tingkatkan Produktivitas Padi

Kegiatan penanaman itu dihadiri Raja Klungkung Ida Dalem Semara Putra, Kapolres Klungkung AKBP Umar, dan Forkopimda Kabupaten Klungkung.

"Hasilnya nanti dinikmati masyarakat Klungkung, karena sorgum adalah pangan alternatif selain beras," ujar Kapolda.

Sorgum adalah tanaman serealia yang berasal dari Afrika Timur. Tanaman ini cukup populer sebagai sumber pangan alternatif di Indonesia dan daerah tropis lainnya. Sorgum memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan berpotensi sebagai pengganti beras.
arnya.

“Program tresna gumi ini akan mengedepankan peran personel Polwan dan ASN Polda Bali yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk memberikan edukasi dan pembinaan kepada para petani, khususnya petani wanita, sehingga mereka memperoleh pengetahuan dan keterampilan terkini guna mengembangkan dan meningkatkan produktivitas hasil pertanian,” terang Kapolda.

“Mari bersama-sama kita kembangkan kawasan food estate melalui sistem agrobisnis yang kuat di pedesaan dengan memberdayakan masyarakat adat, sehingga mampu berkontribusi positif bagi kemajuan desa dan masyarakat setempat,” tambah Kapolda Bali.

Kegiatan penanaman pohon ini juga dirangkaikan dengan pembagian paket sembako kepada masyarakat.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment