Paradigma Baru Public Relation Institusi Publik

28 December 2022 - 12:08 WIB
Foto : rajagrafindo.co.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tahun 2022 sebentar lagi akan berakhir, akhir tahun adalah saat yang tepat untuk melakukan evaluasi, atas pencapaian yang telah kita lakukan sepanjang tahun ini. Sekaligus juga memberi catatan, hal-hal apa yang perlu diperbaiki, agar tahun depan punya pencapaian yang jauh lebih baik lagi. 

Salah satu bagian penting yang bertugas dan bertanggungjawab untuk menyampaikan informasi yang baik dan jelas ke masyarakat, dalam sebuah institusi publik adalah humas atau hubungan masyarakat. Di era modern, humas memberikan andil pada persepsi yang ada di masyarakat terhadap sebuah institusi publik, sehingga bisa menjadi sebuah lembaga yang dipercaya masyarakat.
Tentu menurut Dr. Rahmat Edi Irawan., S.Pd., M.IKom, hal itu juga yang telah dilakukan dengan baik oleh Divhumas Mabes Polri. Nyaris tidak ada kejadian atau peristiwa yang dilakukan atau melibatkan Polri maupun personelnya, yang tidak disampaikan jajaran Divhumas Mabes Polri maupun jajaran humas yang ada bawahnya. Terkadang karena datanya yang memang belum lengkap, membuat posisi Divhumas Mabes Polri menjadi serba sulit. Namun dengan pengalaman dan kemampuan yang terbaik, hampir semua penjelasan yang disampaikan Divhumas Mabes Polri bisa tersampaikan dan menjadi referensi atau rujukan media sosial lainnya. 

Baca juga : Tak Ada Lagi Tempat Bagi Intoleransi di Indonesia

Langkah dan strategi yang dilakukan pada tahun ini, rasanya perlu dievaluasi dan diperbaiki untuk menjawab tantangan di masa mendatang. Termasuk dalam pengelolaan informasi yang perlu disampaikan humas kepada publik. Harus ada paradigma baru, bagaimana membangun peran humas dalam sebuah institusi publik, seperti Polri. 

Saat ini, masyarakat atau netizen, menghendaki informasi yang dua arah, antara sebuah institusi publik dengan publiknya. Model pemberian informasi yang reguler, lengkap dengan background permasalahannya, konten yang menampilkan konten dengan realitas kehidupan sebenarnya, serta adanya dialog atas sebuah kebijakan yang diambil kalangan tertentu, berangkali menjadi sedikit dari hal-hal yang sudah harus dilakukan team humas di era sekarang ini hingga ke masa mendatang. 

Jadi, sekarang saatnya kita berbenah untuk menjadi yang lebih baik lagi di tahun depan. Selamat Hari Natal 2022 dan mari kita sambut Tahun Baru 2023 dengan optimis akan lebih baik dibanding tahun 2022 ini.

(ta/rz/hn/um)

in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment