Para Delegasi 30th ASEAN Socio Cultural Community Puji Masakan Indonesia yang Memiliki Rasa Unik

30 August 2023 - 19:30 WIB
rm.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Para delegasi pertemuan 30th ASEAN Socio Cultural Community (ASCC) dimanjakan dengan makanan khas Indonesia saat jamuan makan malam atau gala dinner di Ballroom Hotel Langham, Jakarta, pada Selasa (29/8/23).

“Ada empat hidangan yang disajikan saat Gala Dinner ASCC, yakni rujak salmon, soto Lamongan, rendang, dan puding mangga,” jelas Master Ceremony (MC) Gala Dinner 30th ASCC Meeting, Tantri Moerdopo, Rabu (30/8/23).

Dalam acara tersebut, rujak salmon menjadi hidangan pembuka yang disajikan kepada para delegasi di jamuan makan malam itu. Dengan berbahan dasar ikan salmon bakar, pada saat penyajiannya ikan salmon tersebut terasa istimewa karena dilengkapi dengan saus manis pedas yang terbuat dari kacang, jeruk segar, dan campuran selada muda.

Selanjutnya, para delegasi diajak untuk menikmati hidangan khas Lamongan, Jawa Timur, yaitu soto. Seperti soto pada umumnya, soto Lamongan juga hadir dengan kuah, soun, kol, dan suwiran daging ayam sebagai isiannya.

Baca Juga:  Imigrasi Soekarno-Hatta Siapkan Fasilitas Perlintasan Dukung KTT ke-43 ASEAN

Hidangan kedua adalah makanan khas Minangkabau, Sumatra Barat, yang namanya telah mendunia yakni rendang. Dalam sajian kali ini, rendang daging sapi dipotong kecil-kecil dan dipadu dengan kentang, brokoli, dan jagung manis.

Lalu, sebagai hidangan penutup pada jamuan makan malam itu adalah puding mangga dengan tekstur yang lembut. Dalam penyajiannya, puding mangga dilengkapi dengan gel khusus dari buah lemon, ganache vanilla flores, dan karamel tuile sebagai pemanis.

Keempat hidangan yang disajikan tersebut mampu memberi kesan bagi para delegasi ASCC yang hadir. Terbukti, banyak delegasi yang memuji cita rasa hidangan-hidangan tersebut.

Menurut para delegasi, terdapat cita rasa unik dari bumbu khas Indonesia yang mereka rasakan dalam rangkaian jamuan makan malam itu.

“Setelah jamuan makan malam banyak yang menyampaikan apresiasi atas hidangan makan malam itu,” tutupnya.

(ek/hn/nm)

in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment