Menkeu RI Jelaskan Peran Penting TNI-Polri dalam Penanganan Covid-19

13 April 2022 - 22:27 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Selama menghadapi tantangan yang luar biasa akibat pandemi Covid-19, peranan TNI-Polri tidak hanya menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan mandat utamanya. Namun TNI-Polri juga menjadi institusi yang diandalkan untuk memecahkan persoalan di bidang kesehatan dan juga terlibat dalam upaya pemulihan ekonomi. Hal ini dikatakan oleh Menkeu RI, Sri Mulyani Indrawati saat menjadi narasumber pada Diskusi Kepemimpinan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut secara daring pada Rabu (13/04).

TNI-Polri turut serta dalam upaya penegakan pengendalian masyarakat selama pandemi, pendisiplinan protokol kesehatan, hingga akselerasi vaksinasi. Kinerja TNI-Polri dalam percepatan program vaksinasi menjadi kunci pengendalian penyebaran kasus Covid-19. Selain itu, TNI-Polri juga ditugaskan dalam penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak.

“Oleh karena itu, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk juga berterima kasih kepada seluruh jajaran TNI-Polri bahwa dalam suasana yang luar biasa menantang saat ini institusi TNI-Polri bisa diandalkan untuk mengatasi masalah,” ucap Menkeu.

Menkeu mengingatkan bahwa tantangan ke depan baik di bidang keamanan dan juga geopolitik akan semakin mendominasi. Untuk menjawab tantangan tersebut, Menkeu berharap agar Indonesia mampu untuk terus membangun sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi baik itu di unsur TNI-Polri, birokrasi, serta di masyarakat secara umum.

“Pemerintah Indonesia selama ini sudah mampu mengumpulkan dana untuk pendidikan seperti LPDP. Dan saya tahu sekarang ini beasiswa LPDP juga dimanfaatkan untuk semua jajaran TNI. Saya berharap ini akan memberikan kesempatan kepada seluruh jajaran TNI untuk mampu meningkatkan kapasitasnya sehingga kita bisa menjadi negara besar yang terus bisa menjaga kedaulatan dan terus menjaga martabat kita,” sambung Menkeu.

Menkeu berharap bahwa dalam suasana pandemi dan proses pemulihan ekonomi saat ini, persatuan dan kesatuan Indonesia tetap terjaga. Menkeu mengatakan bahwa institusi TNI merupakan salah satu institusi yang selalu diandalkan untuk menjaga dan mengawal Indonesia dari awal hingga tercapainya tujuan bernegara.

“Tentu sinergi menjadi sangat penting, dan kami di Kementerian Keuangan siap untuk berkolaborasi dengan jajaran TNI terutama Angkatan Laut untuk memastikan bahwa pembangunan berjalan dengan baik, memastikan kepentingan Indonesia terjaga dengan baik, dan memastikan kesejahteraan masyarakat terus bisa kita perbaiki,” pungkasnya.

Sumber: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/menkeu-sebut-peran-penting-tni-polri-dalam-penanganan-covid-19/

in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment