Kisah Inspiratif, Bripka Mamat Rahmatullah dan Istrinya Dirikan Klinik dan Sekolah Gratis Bagi Masyarakat Tak Mampu

14 November 2022 - 14:17 WIB
Foto : (aspirasijabar.net)

Tribratanews.polri.go.id – Cirebon. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P., pernah mengatakan, masih banyak Polisi yang baik dibandingkan oknum Polisi yang melakukan pelanggaran.

Hal ini dibuktikan oleh Bripka Mamat Rahmatullah yang menjabat sebagai sebagai Bhabinkamtibmas Desa Suci, Polsek Mundu, Cirebon, Jawa barat. Dibalik tugas kesehariannya sebagai aparat kepolisian, Bripka Mamat punya peran yang sangat luar biasa bagi masyarakat. 

Baca Juga : Kisah Inspiratif, Personel Brimob Ajarkan Ilmu Agama dan Mengaji kepada Anak-anak di Kabupaten Sanggau Kalbar

Bripka Mamat bersama istrinya dr. Sri Indahyati mendirikan klinik kesehatan bernama “Pratama Rahmat”. Klinik yang terletak di Jalan Nyi Ageng Serang, Desa Sindangmekar, Dukupuntang ini setiap harinya membantu warga kurang mampu dengan memberikan pelayanan kesehatan cuma-cuma.

Sejak resmi dibuka pada tahun 2016 lalu, klinik ini tidak pernah menolak pasien yang membutuhkan pertolongan. Para warga yang membutuhkan pengobatan akan dibantu dan diobati tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Dalam sehari klinik ini bisa melayani pasien sekitar 60 orang.

Tak hanya membantu dalam bidang kesehatan, Bripka Mamat juga ikut membantu masyarakat dibidang pendidikan. Pada tahun 2019, Bripka Mamat mendirikan sebuah yayasan bernama Yayasan Akbar Bintang Rahmatullah. Lembaga ini berdiri di atas lahan pribadinya.

Dalam kegiatannya, yayasan tersebut sebagai pusat berbagai kegiatan, seperti belajar mengajar (PKBM), penyelenggaraan paket belajar mulai tingkat SD, SMP, dan SMA. Tercatat ada 60 siswa rentang usia 15 hingga 40 tahun mengikuti kegiatan pembelajaran di PKBM.

Tidak hanya itu, PKBM Yayasan Akbar Bintang Rahmatullah ikut mengadakan program pelatihan kerja berupa pelatihan teknisi AC, pelatihan pengelasan, pelatihan/kerajinan dalam membuat mebel dan finishing mebel.

Seluruh kegiatan tersebut disediakan bagi masyarakat yang kurang mampu, termasuk para mantan narapidana yang ingin melakukan pelatihan dan keterampilan.

Saat ini, Bripka. Mamat mendirikan pendidikan formal, SD Islam Terpadu. Sekolah ini baru dimulai pada tahun ajaran baru Juli 2022. Jumlah calon siswanya saat ini sebanyak 24 orang siswa dengan sistem gratis.

Sementara itu, kiprah Bripka. Mamat telah membuat Kapolres Cirebon Kota, AKBP. M. Fahri Siregar merasa bangga.

‘’Saya sangat bangga mendengar hal ini. Sebagai pimpinan, saya mendukung sepenuhnya giat kebaikan yang sudah dilakukan oleh Bripka Mamat Rahmatullah,’’ ungkap Kapolres Cirebon Kota, Sabtu (12/11/2022).

(fz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment