Keindahan Pulau Pasumpahan Yang Memiliki Pasir Putih Memesona di Sumatera Barat

25 August 2023 - 08:00 WIB
Foto: metrojambi.com

Tribratanews.polri.co.id - Berlokasi tidak jauh dari Kota Padang, Pulau di Sumatera Barat (Sumbar) ini memiliki keindahan pantai yang membentang dengan pasir putih yang halus dan laut yang biru alami.

Dikutip dari pariwisata.padang.go.id, Kota Padang memiliki gugusan kepulauan yang banyak menyimpan keindahan yang eksotik dan menawan bagi para wisatawan dalam maupun luar negeri.

Keindahan di pulau gugusan Kota Padang ini tidak boleh dilewatkan. Salah satunya Pulau Pasumpahan yang merupakan satu dari 11 pulau gugusan yang ada di perairan depan Kota Padang.

Pulau Pasumpahan yang berada sekitar 19 km dari pusat Kota Padang itu dulunya dikenal pulau tidak berpenghuni.

Namun kini, Pulau Pasumpahan menjadi salah satu tujuan wisatawan yang berlibur ke Sumatera Barat.

Untuk menuju salah satu pulau terindah di Sumatera Barat itu, bisa diakses melalui dua lokasi yakni, Sungai Pisang dan Pelabuhan Teluk Bungus.

Jika dari Kota Padang ke Pulau Pasumpahan melalui Pelabuhan Teluk Bungkus hanya berjarak sekitar 18,6 km atau 19 km. Namun, jika melalui Sungai Pisang lebih kurang jaraknya mencapai 32,9 km.

Baca Juga:  Peringati HUT Ke-75, Polwan Ziarah ke Makam Habibie hingga Ani Yudhoyono

Namun jika bertolak dari Sungai Pisang penyeberangan lebih cepat dari Pelabuhan Teluk Bungus. Karena jarak dermaga di Sungai Pisang ke Pulau Pasumpahan lebih dekat dibanding dari Pelabuhan Teluk Bungus.

Setelah menginjakkan kaki di Pulau Pasumpahan, fasilitas yang ada di tempat tersebut terbilang lengkap.

Pengunjung bisa menemukan berbagai warung milik warga setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga cukup terjangkau.

Selain itu, di Pulau Pasumpahan juga tersedia penginapan bagi pengunjung yang hendak bermalam.

Pulau Pasumpahan awalnya dikenal sebagai pulau yang tak berpenghuni. Namun lama-kelamaan dikenal memiliki potensi wisata yang memikat, pulau satu ini pun mulai dikelola oleh masyarakat setempat.

Dari yang awalnya hampir tak ada penginapan di Pulau Pasumpahan, kini sudah terdapat beberapa cottage atau pondokan dan diperkirakan akan terus bertambah.

Selain menyewa penginapan, wisatawan juga bebas mendirikan tenda sendiri untuk berkemah di tepi pantai.

Jika tidak membawa tenda, Anda dapat menyewa tenda yang disediakan oleh pihak pengelola dengan biaya sewa cukup terjangkau.

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment