Keindahan Cagar Biosfer di Kawasan Wisata Taman Nasional Pulau Siberut, Sumatera Barat

28 August 2023 - 12:30 WIB
Foto: Tripadvisor

Tribratanews.polri.go.id - Pulau Siberut memiliki keindahan alam yang luar biasa dikarenakan memiliki keadaan alam yang masih asri yang terletak di paling utara dan juga pulau terbesar di gugusan kepulauan Mentawai di provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Berada di lepas pantai Sumatera Barat, Pantai Siberut yang berjarak 145km dari Padang bisa dikunjungi menggunakan kapal dari pelabuhan Teluk Bayur, Padang.

Pulau dengan lebar 40km dan panjang 70km ini dijadikan sebagai Cagar Biosfer oleh UNESCO dan juga menjadi Taman Nasional Siberut semenjak tahun 1993.

Wilayah pulau Siberut yang menjadi rumah bagi suku Mentawai asli dan menjadikan hutan di pulau ini sebagai sumber kehidupan.

Alamnya yang masih sangat alami dan asri menjadi tempat tinggal oleh tanaman endemik khas pulau itu sendiri. Selain itu Pulau Siberut memiliki curah hujan deras dan iklim hangat dan lembap.

Baca Juga:  Destinasi Terbaru yang Wajib Dikunjungi di Temanggung

Pulau Siberut memiliki 4 primata khas yaitu Bilou (Hylobates Klosii), Simakobu (Simias Concolor), Bokoi (Macaca Pagensis) dan Joja (Presbytis Potenziani) yang merupakan sejenis kera hitam yang menjadi satwa primata endemik di Siberut dengan status terancam.

Pekerjaan umum masyarakat Siberut meliputi pertanian, perkebunan dan nelayan.

Pertanian yang menjadi pekerjaan utama dari masyarakat setempat, biasanya menanam sagu, gula, tembakau, singkong, Ubi jalar, lada, kacang polong, nanas, dan mangga.

Sedangkan untuk perkebunan masyarakat setempat memiliki kebun kelapa yang ada di sepanjang garis pantai.

Sedangkan untuk pekerjaan sebagai nelayan, mereka menangkap ikan di laut lepas.

Pulau Siberut yang terletak di Samudra Hindia memiliki ombak yang cukup unik dan beberapa titik ombak di pulau ini menjadi sasaran bagi orang-orang pecinta olahraga surfing.

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment