Inilah Lembah Terindah di Indonesia

7 February 2023 - 06:00 WIB
makassarguide

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Lembah didefinisikan sebagai bentang alam berbentuk cekungan dengan ukuran yang sangat panjang serta dikelilingi oleh pegunungan. Bentang alam ini sering disebut sebagai daratan yang terperosok. Karena dilihat dari bentuknya yang cekung dan menjorok ke bawah.

Cekungan tersebut terbentuk secara tektonik serta mengalami pengikisan oleh air, angin maupun es. Proses pengikisan inilah yang pada akhirnya membentuk panorama alam berupa lembah.

Baca juga : Asal Usul Soto Betawi Makanan Khas Indonesia

Di Indonesia terdapat banyak sekali lembah-lembah dengan pemandangan alam yang eksotis. Dilansir dari yoursay.suara.com, Senin (6/2/23), inilah lembah indah di Indonesia dan cocok untuk menjadi destinasi wisata. 

1. Lembah Posong
Lembah Posong terletak di Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Lembah Posong menawarkan panorama alam berupa lereng gunung yang hijau dan subur dengan suhu udara yang sejuk. Banyak para wisatawan yang memburu sunrise di area Lembah Posong dengan berbagai spot foto yang menarik.

2. Lembah Harau
Selain memiliki panorama alam yang indah, Lembah Harau juga menjadi ikon dari Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Lembah ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang mencapai 100-500 meter, lengkap dengan area persawahan serta air terjunnya yang semakin memanjakan mata wisatawan.
Selain itu terdapat pula berbagai fasilitas penginapan seperti homestay dan tempat camping bagi kamu yang ingin menginap di area wisata lembah Harau.

3. Ngarai Sianok
Ngarai Sianok terletak di antara Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam yang terbentuk dari patahan curam sedalam 100 meter.
Di lembah ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang hijau asri dari pepohonan serta area persawahan. Suasana di Ngarai Sianok juga begitu menenangkan dengan udara yang sejuk dan para warga setempat yang terkenal ramah dengan wisatawan.

4. Lembah Baliem
Lembah terindah di Indonesia selanjutnya datang dari tanah Papua, tepatnya di area Pegunungan Jayawijaya pada ketinggian 1600 meter dengan nama Lembah Baliem. Lembah ini menawarkan keindahan perbukitan asri dan rimbunnya pepohonan di tengah lembah tersebut.

5. Lembah Ramma
Lembah ini terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Panorama alam berupa padang rumput yang luas serta dikelilingi oleh perbukitan menjadi daya tarik tersendiri bagi Lembah Ramma.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment