Inilah 5 Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia

19 December 2022 - 16:49 WIB
Foto : gaetlokal.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Budaya merupakan sebuah warna dalam suatu negara yang menggambarkan ciri khas dan karakter yang bersinar di setiap budaya yang terpampang. Apalagi, Indonesia dikenal dengan negara yang kaya akan budaya. Berbagai suku bangsa di dalamnya pun melahirkan adat dan budaya yang beragam. Sehingga membuat Indonesia semakin kaya akan keanekaragaman.

Dengan beragam budaya yang begitu mengagumkan, Indonesia menjadi negara yang disukai mancanegara. Seperti dilansir dari gaetlokal.id, Senin (19/12/22), berikut beberapa budaya Indonesia yang disukai mancanegara ;

Baca juga : Inilah 5 Danau Terluas Di Indonesia, 3 Diantaranya Ada di Sulawesi

1. Bambu Angklung
Hanya dengan cara digoyangkan, alat musik berasal dari Jawa Barat ini mendapat pengakuan dari UNESCO. Bahkan mendapat penghargaan dan dinobatkan sebagai bagian dari World Heritage. Tak heran, popularitas angklung kian meningkat. Kini, angklung sering digelar dan terkenal di Saung Angklung Ujo.

2. Seni Wayang
Warisan budaya wayang, ternyata sudah dimasukkan dalam UNESCO sejak tahun 2003. Banyak para wisatawan yang tertarik mencoba dan mempelajari seni wayang ini. Bentuk promosi yang dilakukan pemerintah Indonesia ke Negeri Kangguru pun mendapat sambutan dan apresiasi hangat dari mereka.

3. Batik
Kain yang meliputi berbagai corak yang menawan dan menarik ini, ternyata masuk ke dalam daftar UNESCO. Warisan leluhur sejak dahulu kala, kini makin mencuat namanya. Kain ini seringkali menjadi souvenir bagi wisatawan asing. Sehingga setiap keindahan coraknya mendapat apresiasi. Bahkan, pada setiap tanggal 2 Mei diperingati Hari Batik Nasional.

4. Gamelan
Alat musik ansambel yang menghasilkan nada yang indah ini, ternyata populer di luar Nusantara. Sayangnya, minat kalangan muda-mudi Indonesia berkurang dengan alat musik ini. Sebagai contoh, di New Zealand School of Music, gamelan ini dijadikan kurikulum tetap. Selain itu, di salah satu ruang pameran museum musik, Amerika Serikat juga memajang satu set gamelan.

5. Tari Saman
Tarian yang menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan lainnya yang dibawakan oleh banyak orang ini diakui masuk dalam daftar warisan budaya UNESCO. Biasanya tarian ini digelarkan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat suatu daerah setempat.

(bg/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment