[Hoaks] Wanita yang Divaksin Covid-19 akan Mengalami Efek Samping yang Diturunkan kepada Anak-anak Mereka

6 September 2023 - 06:45 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Instagram yang mengklaim bahwa wanita yang menerima vaksinasi Covid-19 akan menghadapi efek samping yang tidak diketahui dan dapat diturunkan secara turun-temurun kepada anak-anak mereka.

Faktanya, dilansir dari politifact.com, ahli epidemiologi Cindy Prins, seorang profesor ilmu kesehatan populasi di University of Central Florida, mengatakan tidak ada efek abadi dari vaksin Covid-19 terhadap faktor keturunan. Vaksin Covid-19 tidak membuat perubahan genetik pada sel telur atau sperma yang dapat diturunkan ke generasi masa depan.

Baca Juga:  [Disinformasi] Polri Amankan Bukti Ferdy Sambo Suap Hakim dan Jaksa

Disisi lain, rins dan Dr. Amesh Adalja, peneliti senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins, mengatakan vaksin melindungi wanita hamil dari Covid-19 dan tubuh perempuan, kemudian akan membuat antibodi yang juga dapat melindungi bayi mereka yang baru lahir.

Kesimpulan, video di Instagram yang mengklaim bahwa wanita yang menerima vaksinasi Covid-19 akan menghadapi efek samping yang tidak diketahui dan dapat diturunkan secara turun-temurun adalah informasi yang tidak benar/hoaks.

(as/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment