[HOAKS] TNI Bentrok dengan Tentara Cina di Indonesia

11 October 2024 - 07:15 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Viral di Facebook sebuah video dengan narasi yang menyebut bahwa tentara Cina mulai berani beraksi melawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara terbuka di wilayah Indonesia. Tentara Cina itu disebut membawa persenjataan untuk menjaga aset investasi Cina seperti perkebunan sawit.

Dilansir dari cekfakta.tempo.co, Rabu (9/10/24), berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan video lawas yang pernah beredar pada Juli 2022 dan tidak terkait dengan narasi tentara Cina.

Video tersebut merupakan peristiwa penertiban pelaku illegal mining (penambang liar) yang terjadi di Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Dilansir dari kumparan.com, Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan peristiwa bentrok itu bermula dari penindakan hukum yang dilakukan tim gabungan Polda Aceh dan Polres Pidie terhadap pelaku penambangan ilegal di Pegunungan Bangkeh KM 21, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie.

Saat itu petugas mengamankan empat terduga pelaku penambangan ilegal dan satu unit eskavator. Namun, saat hendak dibawa ke Polda untuk dilakukan pemeriksaan, petugas sempat mendapatkan penghadangan dari warga.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment