[Hoaks] Seorang PKI Bertemu dengan Presiden Jokowi Membahas Cara Menentang Rakyat yang Tidak Setuju dengan PKI

18 November 2023 - 22:00 WIB
Foto : Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan klaim narasi nak PKI Berdiskusi dgn Presiden Joko Widodo utk Cari Solusi guna menentang/adu Jotos dgn Rakyat Indonesia yang menentang Kebijakan Ala PKI".

Melansir dari cekfakta.tempo.co, klaim pada video tersebut adalah tidak benar.

Setelah melakukan peninjauan ulang pada video tersebut, video tersebut merupakan gabungan dari beberapa kegiatan yang berbeda.

Baca Juga: Peduli Lingkungan, polres Puncak Jaya Ajak Anak SD Tanam Pohon

Pada menit ke 01:23 ditampilkan seseorang yang sedang berbicara dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sebuah ruangan, potongan video tersebut serupa dengan unggahan media kompas.com. 

Video tersebut merupakan video diskusi Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani dengan Presiden Jokowi.

Video pembicaraan Benny Rhamdani dengan Presiden Jokowi tidak ada kaitannya dengan Partai Komunis Indonesia (PKI). Benny Rhamdani juga bukan anak anggota PKI, melainkan relawan Presiden Jokowi pada Pemilihan Umum 2019.

Faktanya, video tersebut merupakan potongan dari rekaman Talk Show Analisa yang menghadirkan Ribka Tjiptaning di Lativi (sekarang berganti nama menjadi TVONE) pada tahun 2002 tentang nasib anak dan cucu korban tragedi politik 1965.

(as/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment