[HOAKS] Rekening Nadiem Makarim Disita oleh Bank Indonesia

18 October 2024 - 08:00 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Viral di X/Twitter sebuah gambar tangkapan layar artikel dari detik.com yang mempublikasikan artikel tentang Bank Indonesia telah menyita rekening Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. Dalam foto tersebut terdapat narasi "Bank Indonesia telah menyita rekening Nadiem Makarim menyusul sebuah wawancara yang memalukan dimana ia mengungkapkan penghasilannya".

Namun faktanya, melansir dari cekfakta.tempo.co, Rabu (16/10/24), klaim bahwa Bank Indonesia menyita rekening Nadiem Makarim adalah keliru. Tidak ditemukan adanya pemberitaan dari media kredibel maupun pernyataan resmi dari pihak terkait mengenai klaim tersebut.

Setelah menelusuri direktori berita detik.com pada periode September hingga Oktober 2024, tidak ada artikel yang dimuat Detik menyebut tentang kasus tersebut. Sementara foto yang digunakan dalam unggahan telah beredar di internet sejak 2019. Foto yang identik pernah dimuat oleh situs Analytic India Magazine pada 21 Oktober 2019 untuk artikel berjudul, "Gojek Founder & CEO Nadiem Makarim Resigns To Joins Indonesia’s New Cabinet".

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment