[Hoaks] Poster Narasi Menkeu Mengenai Alutsista

9 January 2024 - 21:00 WIB
Foto : Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar di media sosial poster berisikan narasi yang diklaim sebagai pernyataan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Dalam pernyataaan yang terdapat pada poster tersebut menyebutkan Indonesia dimiskinkan dengan anggaran belanja alat utama sistem senjata (alutsista) sebesar Rp63,8 triliun dan biaya kampanye Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hal ini menyebabkan dana pegawai pemerintah daerah (pemda) nihil, tiga perusahaan akan dijual, pabrik kertas Leces dijual murah demi dana kampanye, tujuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pailit, dan Sri Mulyani mengundurkan diri karena kecewa.

Baca Juga: Dirbinmas Polda Metro Jaya Laksanakan Kunjungan dan Berikan Imbauan Untuk Jaga Keamanan Jelang Pemilu 2024

Faktanya, Staf Khusus Menkeu Yustinus Prastowo memastikan isi poster tersebut hoaks/informasi palsu.

Pihak Staf Khusus Menkeu itu juga menegaskan bahwa Menkeu Sri Mulyani tidak pernah mengatakan sebagaimana narasi dalam poster yang beredar.

Disisi lain, Sri Mulyani justru mengatakan peningkatan anggaran alutsista wajar dan penting untuk penguatan di tengah potensi ancaman dan dinamika politik luar negeri.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto juga membantah narasi soal biaya negara dihabiskan untuk kampanye Prabowo-Gibran. Dia menegaskan Sri Mulyani tak pernah mengatakan hal itu.

(as/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment