[Hoaks] MPR, DPR dan KPK akan Periksa Presiden Jokowi serta Kedua Anaknya Terkait Kasus Dugaan Korupsi dan TPPU

24 July 2023 - 08:00 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di media sosial Youtube dengan klaim bahwa Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan kedua anaknya, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep terkait kasus dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Faktanya, dilansir dari turnbackhoax.id, klaim tersebut tidak benar. Diketahui bahwa video tersebut merupakan hasil suntingan yang diberi narasi menyesatkan.

Baca Juga:  Polri Gerak Cepat Ungkap Kasus TPPO

Dalam salah satu klip video identik dengan video yang diunggah oleh Youtube tvOneNews terkait pertemuan Prabowo Subianto dan Surya Paloh pada 2 Juni 2022 lalu.

Disisi lain cuplikan video lainnya identik dengan video yang diunggah oleh kanal Youtube KOMPASTV terkait Provinsi Jawa Tengah yang meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 29 April 2023.

Hingga saat ini tidak ditemukan informasi kredibel terkait pemeriksaan yang dilakukan oleh MPR, DPR, dan KPK terhadap Presiden Jokowi dan kedua anaknya.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment