[Hoaks] Klaim Penemuan Obat yang Bisa Sembuhkan Gagal Ginjal dalam 7 Hari

7 October 2023 - 07:15 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Facebook klaim tentang pengobatan penyakit gagal ginjal yang cukup dilakukan di rumah sehingga tidak memerlukan antibiotik atau pergi ke rumah sakit.

Keterangan video tersebut juga menuliskan bahwa obat bernama KIDNEYS NANO tersebut hanya membutuhkan 7 hari pemakaian.

Faktanya, dilansir dari cekfakta.tempo.co, berdasarkan hasil penelusuran, obat KIDNEYS NANO tidak terdaftar dan tidak ada dalam database obat yang telah disertifikasi Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat.

Baca Juga:  Beberapa Tips Mencegah Kebakaran Saat Musim Kemarau

Disisi lain, nama obat KIDNEYS NANO juga tidak ada dalam database Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia.

Lebih lanjut, dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Siloam dan National Hospital Surabaya, Dana Pramudya mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada obat yang menyembuhkan gagal ginjal secara tuntas hanya dalam 7 hari pemakaian. Dana mengatakan, dalam penanganan penyakit ginjal dapat dilakukan terapi konservatif.

Akan tetapi, terapi tersebut bertujuan untuk menghambat progresivitas, bukan untuk menyembuhkan. Sedangkan pada pasien penyakit ginjal kronis stadium akhir bisa dengan terapi pengganti ginjal, seperti dialisis peritoneal dan hemodialisis.

(as/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment