[HOAKS] Kerajaan Arab Saudi Mengirimkan Bantuan Dana Sebesar Rp250 Juta

26 May 2024 - 07:15 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Viral di Facebook sebuah unggahan yang mengklaim terkait informasi bantuan dana Rp 250 juta dari Kerajaan Arab Saudi untuk masyarakat kurang mampu di Indonesia, unggahan tersebut beredar pada tanggal 19 Mei 2024.

Namun faktanya, klaim dalam postingan tersebut adalah tidak benar. Melansir dari kompas.com, Rabu (22/5/24), klaim tersebut tidak ditemukan di situs resmi Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi di Indonesia maupun di akun media sosial resmi Kerajaan Arab Saudi.

Nomor telepon yang dicantumkan dalam unggahan Facebook tersebut juga bukan nomor resmi Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi di Indonesia yaitu 021-28094000 dan 021-29039421. Saat diperiksa melalui aplikasi Getcontact, belum ada keterangan apapun mengenai nomor yang dicantumkan.

Biasanya jika nomor itu pernah disimpan maka akan muncul keterangan nama sesuai nama yang disimpan. Ada kemungkinan nomor itu belum pernah disimpan oleh siapa pun atau baru digunakan, ada potensi nomor tersebut digunakan untuk penipuan dan modus pencurian data pribadi atau phishing.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment