[Hoaks] Ikuti Arahan Jusuf Hamka,Seluruh Warga Tionghoa Deklarasi Anies Baswedan

7 July 2023 - 07:15 WIB
Foto: Turnbackhoax.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Plattform Youtube dari akun LIDAH RAKYAT dengan klaim narasi bahwa seluruh warga Tionghoa ikut instruksi Jusuf Hamka deklarasikan Anies Baswedan dan menolak capres pilihan Jokowi.

Faktanya, dilansir dari turnbackhoax.id, tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang ditampilkan dalam video. Dalam video tersebut sang narator hanya membacakan artikel dari bukamatanews.id dengan judul “Jusuf Hamka Marahi Willianto Tanta Gegara HT Klaim Tionghoa Dukung Capres Pilihan Jokowi” yang diunggah pada 17 Mei 2023.

Baca Juga:  Polda Metro Jaya Koordinasi dengan PPATK Terkait Dugaan Pencucian Uang Kasus Si Kembar

Artikel tersebut membahas tentang kabar bahwa warga Tionghoa di Indonesia akan memilih capres yang dipilih Jokowi ada Pemilu 2024 yang disampaikan oleh Hary Tanoesoedibjo.

Kabar tersebut dibantah oleh Jusuf Hamka selaku Ketua Dewan Penasihat Persatuan Islam Tionghoa Indonesia yang mengatakan tidak pernah memberikan kuasa untuk mengatakan bahwa masyarakat Tionghoa diwakili oleh seseorang untuk mendukung capres tertentu.

Kesimpulan, dapat dipastikan video dengan klaim Warga Tionghoa ikut intruksi Jusuf Hamka deklarasikan Anies Baswedan dan menolak capres pilihan Jokowi tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi/hoaks.

(as/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment