[HOAKS] Covid-19 Merupakan Kebohongan para Ilmuan

25 July 2024 - 07:15 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Viral sebuah narasi di sosial media pada 18 Mei 2024 bahwa virus Covid-19 adalah Kebohongan para Ilmuan.

Namun faktanya klaim tersebut tidak benar. Melansir dari turnbackhoax.id, Senin (22/7/24), transkrip Kongres Amerika Serikat dengan Wakil Direktur Utama, Institut Kesehatan Nasional (NIH) dan pemberitaan terpercaya lainnya menunjukkan bahwa pertemuan tersebut tidak menyimpulkan bahwa pandemi Covid-19 disebabkan oleh penelitian virus yang didanai oleh Amerika Serikat di laboratorium Wuhan, Tiongkok.

Melansir dari artikel periksa fakta Tempo pada 29 Mei 2024 Kongres Amerika Serikat terhadap Wakil Direktur Utama Institut Kesehatan Nasional (NIH) bertujuan untuk membahas akuntabilitas, prosedur pendanaan, laporan, dan standar keamanan terkait dana dari Institut Kesehatan Nasional (NIH) kepada EcoHealth Alliance, sebuah lembaga riset kesehatan di Amerika Serikat yang telah menerima hibah sejak 2014 untuk menyelidiki virus corona dari kelelawar. Para peneliti tetap menyatakan bahwa asal-usul virus SARS-CoV-2, penyebab pandemi Covid-19, berasal dari hewan.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment