[HOAKS] Calon Presiden Diundur Pelantikannya Hingga Desember 2024

30 September 2024 - 12:04 WIB
Kominfo

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Viral di Youtube sebuah unggahan yang mengeklaim bahwa pelantikan Prabowo sebagai presiden diundur hingga bulan Desember. 
 
Namun faktanya, klaim tersebut adalah hoaks. Melansir dari artikel kompas.com, Sabtu (28/9/24), berjudul “Jadwal Pelantikan Presiden-Wapres Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming”, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, pengucapan sumpah/janji presiden dan wakil presiden dijadwalkan pada Minggu, 20 Oktober 2024. Pelantikan Prabowo-Gibran rencananya dilaksanakan di Gedung MPR/DPR Jakarta.

Dalam video berdurasi 8 menit 36 detik tersebut tidak menyebutkan pengunduran jadwal pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, tetapi hanya berisi potongan video yang tidak berkaitan.

Salah satunya yaitu video dari kanal Youtube Tribunnews berjudul “Mahfud MD Sindir Presiden yang Cari Akal untuk Perpanjang Masa Jabatan, Bandingkan dengan BJ Habibie” tepatnya pada menit ke 2:50 hingga 5:05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan dengan klaim di atas adalah konten palsu.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment