DPR: World Water Forum ke-10 Jadi Kesempatan Parlemen Mobilisasi Tindakan Terhadap Air

14 May 2024 - 17:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Wakil Ketua DPR Rahmad Gobel mengatakan agenda pertemuan antar parlemen dalam World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, dapat memberikan kesempatan bagi parlemen dunia untuk memobilisasi tindakan terhadap air demi keamanan dan kemakmuran global.

Menurutnya para legislator dari berbagai negara itu bakal mengambil langkah dalam mengatasi kelangkaan air dengan cara meningkatkan kerja sama parlemen.

"Berkesempatan mengambil langkah untuk mengatasi kelangkaan air, meningkatkan kerja sama parlemen dalam memperluas akses terhadap air bersih," ujar Wakil Gobel, Selasa (14/5/24).

DPR RI, kata Wakil Gobel, bakal menjadi tuan rumah dalam Parliamentary Meeting on the occasion of the 10th World Water Forum. Pertemuan antar parlemen dunia itu digelar 19-21 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali.

Baca Juga: Gunung Semeru Kembali Erupsi, Letusan Abu Vulkanik Setinggi 600 Meter

DPR RI pun akan fokus menyukseskan kegiatan tersebut, baik dari aspek penyelenggaraan maupun substansi dalam memperkuat tata kelola air bagi kesejahteraan rakyat. Menurutnya hal tersebut merupakan bagian dari fungsi diplomasi DPR RI.

"Atas nama Pimpinan DPR RI, kami mengundang partisipasi seluruh alat kelengkapan DPR RI untuk ikut menyukseskan," ujar Wakil Gobel.

Melalui berbagai peran diplomasi, DPR RI ikut berperan dan bertanggung jawab untuk membangun dunia yang lebih baik, membangun tatanan sosial, ekonomi, politik yang humanis serta berkeadilan sosial.

WWF merupakan forum internasional yang melibatkan sejumlah pemangku kepentingan di sektor sumber daya air, mulai dari pemerintah, parlemen, pemimpin politik, lembaga multilateral, politisi, akademisi, masyarakat sipil, hingga pelaku usaha.

WWF ke-10 mengusung tema "Air untuk Kesejahteraan Bersama" dan akan membahas beberapa subtema, yakni ketahanan dan kesejahteraan air; air untuk manusia dan alam; pengurangan dan pengelolaan risiko bencana; tata kelola, kerja sama, dan diplomasi air; pembiayaan air berkelanjutan, dan pengetahuan dan inovasi.

(ndt/hn/nm)

in

Share this post

Sign in to leave a comment