[Disinformasi] Mantan Wapres RI Jusuf Kalla Ditangkap Karena Lindungi Gumilang

12 July 2023 - 09:30 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan thumbnail yang menampilkan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla memakai baju tahanan berwarna oranye dan dikawal oleh polisi.

Adapun postingan tersebut juga mengklaim bahwa Jusuf Kalla ditangkap aparat pada 8 Juli 2023 karena terbukti menjadi “beking” Pemimpin Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Panji Gumilang.

Baca Juga: Kalahkan India 3-1, Indonesia ke Semifinal Badminton Asia Junior Championships 2023

Faktanya berdasarkan hasil penelusuran cek fakta kompas.com, gambar pada thumbnail video identik dengan foto dari artikel detik.com berjudul “Ini Alasan Tahanan Polresta Malang Kota Nekat Kabur dari Penjara” yang rilis pada Selasa, 10 Desember 2019. Dalam gambar aslinya, pria yang memakai baju tahanan bukan Jusuf Kalla, tetapi Adrian alias Ian, salah satu tahanan Polresta Malang Kota yang kabur pada 2019.

Kemudian dalam video tersebut juga tidak ditemukan informasi mengenai Jusuf Kalla ditangkap aparat karena menjadi “beking” Panji Gumilang. Sang narator hanya membacakan artikel dari laman medan.tribunnews.com yang memuat pernyataan mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai yang menyebut Panji Gumilang berteman baik dengan sejumlah tokoh berpengaruh, antara lain mantan Kapolri, Panglima TNI, serta para petinggi Badan Intelijen Negara (BIN).

Kesimpulan, dapat dipastikan video yang beredar di Facebook dengan klaim bahwa Jusuf Kalla ditangkap usai menjadi beking Panji Gumilang merupakan informasi salah/hoaks.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment