[Disinformasi] Cara Kerja Bawang Putih Terbukti Efektif Mencegah Covid-19 Dibandingkan Vaksin

8 July 2023 - 10:00 WIB
Foto: Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Beredar postingan dengan klaim bahwa sebuah lembaga penelitian membuktikan cara kerja bawang putih lebih efektif dibanding vaksin Covid-19 dalam mencegah Covid-19.

Faktanya, dilansir dari Agence France-Presse (AFP), unggahan tersebut telah keliru dalam mengartikan hasil penelitian. Institut Dohert, lembaga yang melakukan penelitian tersebut telah mengklarifikasi bahwa temuannya tidak menunjukkan aplikasi pengobatan medis bawang putih karena hanya dilakukan di laboratorium.

Baca Juga:  [Hoaks] Ahok Ditolak Maju Capres di 2024

Para ahli kesehatan juga mengatakan tidak ada bukti yang mendukung klaim bahwa bawang putih dapat membunuh atau mencegah Covid-19.

Sementara itu, Direktur Kesiapsiagaan Bahaya Menular Global Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Sylvie Briand turut menyatakan meskipun ada manfaat kesehatan dari makan bawang putih, tidak ada bukti bahwa bawang putih dapat menyembuhkan Covid-19.

Kesimpulan, klaim bahwa sebuah lembaga penelitian yang membuktikan cara kerja bawang putih lebih efektif dibanding vaksin Covid-19 dalam mencegah Covid-19 adalah informasi keliru/ disinformasi.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment