Berikut Ini Minuman Khas Jawa Barat yang Populer

1 November 2022 - 13:12 WIB
Foto : (kompas.com)

Tribaratanews.polri.go.id - Jakarta. Di setiap daerah Indonesia mempunyai berbagai macam makanan dan minuman khas yang menggugah selera. Bahkan, Jawa Barat memiliki ragam minuman tradisional yang kaya rempah dan segar.

Berikut ini beberapa minuman khas Jawa Barat seperti dilansir dari merdeka.com, Selasa (1/10/22).

Baca juga : 5 Makanan Khas Balikpapan yang Menggugah Selera dan Wajib Dicicipi

1. Bajigur
Minuman tradisional yang dibuat dari campuran santan, bahan rempah, dan gula aren. Dalam proses pembuatannya, gula aren merah dicampur dengan santan gurih lalu ditambahkan jahe, bubuk vanili, dan sedikit garam untuk menyeimbangkan rasa.

Minuman bajigur ini biasanya disajikan sebagai minuman hangat yang sangat cocok disantap saat sore atau malam hari. Selain itu, minuman ini juga pas dikonsumsi saat musim hujan.

2. Es Oyen
Minuman khas Sunda ini sudah ada sejak 1954 dan masih banyak diminati hingga sekarang. Sajian Es Oyen dibuat dari campuran berbagai macam buah, mulai dari alpukat, kelapa muda, hingga jagung manis.

Bukan hanya itu, ditambahkan pula pacar cina, susu kental manis, dan es serut yang membuat cita rasa manis dan lezat.

3. Bandrek
Bandrek dibuat dengan lebih banyak campuran bahan rempah. Mulai dari sereh, merica, pandan, jahe, dan gula merah. Tidak heran, jika minuman ini memiliki aroma rempah kuat dengan cita rasa manis nan lezat. Untuk menambah stamina tubuh, biasanya sajian Bandrek dicampur dengan telur ayam kampung mentah dan susu.

4. Es Goyobod
Es ini disajikan dengan mangkuk, yang di dalamnya terdapat hunkwe tepung bertekstur kenyal dengan cita rasa manis dan gurih, dicampur dengan santan, gula pasir, dan kelapa muda yang menambah kesegaran.

Bukan hanya itu, sajian Es Goyobod juga lengkap dengan potongan buah alpukat, kolang-kaling, dan tape singkong.

5. Es Cendol
Es Cendol dibuat dengan olahan cendol lembut dan kenyal yang disiram dengan air santan dan gula arena tau sirup sebagai pemanis.

Tak lupa ditambahkan es serut di dalamnya untuk memberikan sensasi dingin yang menyegarkan. Selain itu, sajian Es Cendol juga kerap ditambahkan potongan buah nangka.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment