Wamenkominfo Tekankan Pentingnya Pengamanan Arsip dari Serangan Digital

27 September 2024 - 13:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria menekankan pentingnya pengamanan arsip dari serangan siber, seiring dengan perubahan pengelolaan yang sebelumnya secara fisik menjadi data digital.

"Ini menjadi tantangan sendiri, begitu kita masuk digitalisasi, problemnya, seperti halnya semua data yang berada di dalam lanskap digital, maka perlakuan datanya juga harus benar, keamanan data itu menjadi sangat penting," jelas Wamenkominfo, Jumat (27/9/24). 

Baca Juga: Gempa Magnitudo 3.2 Guncang Wilayah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Menurutnya, digitalisasi arsip digital membawa banyak manfaat, diantaranya efisiensi operasional, penghematan biaya, transparansi, dan keamanan data. Wamenkominfo meminta agar arsip digital yang telah dikumpulkan tidak hanya menjadi data inaktif, namun harus dapat dimanfaatkan untuk menambah kekayaan pengetahuan, perspektif, dan bahan pertimbangan dalam pembuatan keputusan.

Wamenkominfo mengingatkan bahwa arsip memiliki peran vital sehingga jika terjadi insiden serangan siber dapat mengubah bahkan menghapus isi arsip tersebut yang akan berakibat fatal bagi organisasi.

"Kalau dia di-hack, atau dia di-attack, kena cyber attack, arsip-arsip bisa berantakan semua," ujar Wamenkominfo. Oleh karena itu, ia mendorong agar digitalisasi arsip melibatkan seluruh pemangku kepentingan agar dapat dibentuk suatu sistem kearsipan yang modern, tangguh, dan berdaya guna.

"Kerja sama ini, terutama untuk semua stakeholder, untuk mewujudkan satu manajemen kearsipan, yang tidak hanya patuh secara hukum, tapi juga responsif terhadap perubahan zaman. Ini saya kira menjadi tantangan kita semua, dan dibutuhkan satu kesadaran itu," tutup Wamenkominfo.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment