[UPDATE] Korban Meninggal Dunia Gempa Cianjur Bertambah Menjadi 321 Orang

28 November 2022 - 07:20 WIB
Foto : Antara

Tribratanews.polri.go.id Cianjur. Korban meninggal dunia pasca gempa yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat, kembali bertambah menjadi 321 orang. Tim gabungan pencarian dan pertolongan kembali berhasil menemukan 3 jasad korban pada Minggu (27/11).

"Hari ini ditemukan 3 jenazah sehingga catatan kita semua, berarti dengan ditemukan 3, yang meninggal dunia menjadi 321 orang," jelas Kepala BNPB, Suharyanto dalam Konferensi Pers Update Penanganan Gempa Bumi M5,6, Cianjur, dilansir dari bnpb.go.id, Minggu (27/11).

Kemudian, untuk korban hilang yang sebelumnya 14 orang berkurang menjadi 11 orang. Satuan tugas gabungan juga telah berhasil mengidentifikasi titik pengungsian dengan akumulasi sebanyak 325 titik yang tersebar di 15 kecamatan. 

Baca Juga : Tim SAR Fokus di Dua Lokasi, 14 Korban Gempa Cianjur Masih Hilang

Jumlah pengungsi 73.874 orang dengan rincian pengungsi laki-laki 33.713 orang dan pengungsi perempuan 40.161 orang. Sementara untuk infrastruktur yang rusak berat 27.434 rumah, rusak sedang 13.070 dan rusak ringan 22.124 rumah, sehingga total rumah rusak sebanyak 62.628 rumah.

"Tentu saja data ini akan terus berkembang sesuai dengan pendataan tim di lapangan," jelas Kepala BNPB.

BNPB juga terus mendorong pendistribusian logistik secara bertahap kepada warga terdampak gempa M5,6 Kabuoaten Cianjur. "Terkait distribusi logistik semakin hari kian membaik. Sementara untuk tenda, secara bertahap kami akan terus menambah bantuan dan personil distribusi," ungkap Kepala BNPB.

Kepala BNPB juga memastikan lokasi pengungsian yang dilaporkan belum mendapat bantuan, akan segera terpenuhi kebutuhannya.

"Pendistribusian secara berjenjang mulai dari kepala desa sampai dengan kabupaten mudah-mudahan dapat menjadi lebih baik untuk proses distribusi bantuan," jelas Kepala BNPB.

Minggu (27/11), Kepala BNPB kembali menyambangi pos pengungsian di Kecamatan Pacet dan Sukatani menggunakan sepeda motor. Dalam kesempatan itu, Kepala BNPB juga memberikan bantuan kepada pengungsi.

Terkait dengan relokasi warga yang rumahnya rusak berat, saat ini BNPB bersama instansi terkait secara pararel sedang melakukan pendataan. "Untuk yang relokasi sudah mendapat lahan sekitar 2 hektar. Semoga minggu depan sudah mulai pembangunan," jelas Kepala BNPB.

Kepala BNPB juga menambahkan, bagi warga yang ingin mengungsi ke rumah kerabat dan tetangga untuk sementara waktu, akan mendapatkan bantuan dana tunggu hunian sebesar Rp500 ribu.

(fz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment