Upaya Tingkatkan Perekonomian, Pemerintah Siapkan Sentra UMKM Upacara Kemerdekaan di IKN

11 May 2024 - 10:00 WIB
rri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., menyebutkan bahwa pemerintah akan menyediakan tempat untuk UMKM saat upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-79 di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kami akan sediakan sejumlah fasilitas berupa sentra UMKM saat upacara kemerdekaan nanti. Tempat itu baru dapat dimanfaatkan pada awal Agustus 2024,” ujarnya, dilansir dari RRI, Jumat (10/5/24).

Dalam keterangannya, ia mengatakan pelaku UMKM yang dilibatkan saat upacara Kemerdekaan nanti telah mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari Otorita IKN. Nantinya, akan ada 400 pelaku UMKM yang terlibat dalam upacara Kemerdekaan RI di IKN. 

Baca Juga: Menpora Ajak Masyarakat Dukung Semua Cabor Indonesia di Kancah Internasional

“Setelah sentral ekonomi kreatif berdiri, UMKM yang sudah dibina ini bisa berkreasi dan melakukan kegiatan pelatihan. Jadi saat pelaksanaan upacara berlangsung sudah siap,” jelasnya.

Sebagai informasi, diketahui bahwa Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-79 akan digelar di IKN dan dihadiri sekitar enam ribu lebih tamu undangan. Oleh karena itu, Sandi berharap acara ini dapat berlangsung lancar dan memberikan kenangan yang indah.

“Pelaku UMKM dilibatkan dalam upacara bendera di Kota Nusantara sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomian. Sesuai tujuan peringatan Hari Kemerdekaan RI pertama yang digelar di IKN, IKN masa depan Indonesia itu, dirasakan juga masyarakat luas,” jelasnya.

Diakhir kesempatan, ia menyebutkan Kemenparekraf juga mempersiapkan fasilitas pariwisata dan perhotelan sebelum pelaksanaan Upacara Kemerdekaan. Pada awal Agustus 2024, sejumlah hotel yang dibangun di kawasan IKN sudah bisa gunakan untuk pelayanan tamu yang hadir.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment