Tradisi Balap Perahu Fiber di Probolinggo

20 June 2022 - 02:50 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Perlombaan balap perahu fiber oleh para nelayan di Probolinggo, Jawa Timur, sejak 17 tahun silam, hingga kini masih tetap dilestarikan. Lomba antar nelayan ini sudah menjadi tradisi unik bagi mereka. Minggu, (19/6/22).

Perlombaan balap perahu fiber kali ini digelar di pantai Darmo, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo. Lomba yang bertujuan mempererat tali silaturrahmi antarnelayan itu diikuti 60 peserta, baik dari nelayan se-Kecamatan Sumberasih, hingga nelayan dari Kecamatan lain, yang turut ikut dalam lomba yang digelar tahunan ini.

Tampak dari para peserta lomba sangat antusias penuh semangat, untuk memperebutkan juara 1, tak jarang antara perahu 1, dan perahu lain saling bersenggolan, hingga bertabrakan. Meski bergitu, hal tersebut menjadi hal biasa di perlombaan perahu fiber itu.

Gelaran lomba balap perahu fiber antar nelayan di Probolinggo, ini diharapkan akan digelar setiap tahun, karena sudah menjadi tradisi bagi para nelayan selama 17 tahun.

Share this post

Sign in to leave a comment