Tinjau Bandara Soetta, Kapolri Pastikan Pesawat Siap Terbang Dengan Aman

19 April 2023 - 19:57 WIB
Foto: Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Tangerang. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan arus mudik di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Dalam peninjauan ini, Kapolri melihat langsung pengecekan roda, mesin, hingga ruang kokpit pesawat yang digunakan untuk mengangkut pemudik. Selain memastikan laik terbang, hal ini juga dilakukan guna memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan masyarakat.

"Proses kegiatan dalam rangka memastikan keamanan dan kesiapan pesawat, salah satunya yang diuji coba tadi adalah Boeing 737 mulai dari roda, apakah ada masalah dan kebocoran. Kemudian kita sempat lihat ruang Kokpit itu ada indikator-indikator yang setiap saat harus siap dioperasionalkan dan selalu dicek,” ujar Kapolri, Rabu (19/4/23).

Baca Juga:  Per-18 April, Polri Catat Lebih dari 900 Ribu Orang Mudik dengan Transportasi Umum

Selain itu, pengecekan juga dilakukan di jalur bagasi yang membawa barang-barang milik para pemudik. Pengecekan itu dilakukan terkait kerentanan yang sering terjadi dan adanya peningkatan penerbangan baik domestik maupun internasional, dengan penumpang sebanyak 168 ribu.

"Semua harus dijaga keamanan dan keselamatannya serta tentunya proses ramp check menjadi sangat penting," ujar Kapolri.

Kapolri juga mengingatkan kepada masyarakat akan adanya pos terpadu, di mana di dalamnya terdapat TNI, Polri, Kemenhub, dan stake holder terkait lainnya yang siap memberikan pelayanan maksimal.

"Kita sudah membagi tugas masing-masing, ini sinergitas dalam rangka melaksanakan rangkaian kegiatan. Di dalamnya memberikan pelayanan pemudik baik nanti melalui udara, laut dan darat," tutup Kapolri.


(ay/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment