Tim Cyber Patroli Polda NTT Cegah Penyebaran HOAX dan Ujaran Kebencian dalam Rangka Pemilu 2024

8 November 2023 - 21:00 WIB
TBNews NTT

Tribratanews.polri.go.id - Nusa Tenggara Timur. Tim Cyber Patroli Ditreskrimsus Polda NTT yang terlibat dalam operasi Mantap Brata melaksanakan pemantauan dan monitoring di media sosial pada setiap tahapan jelang pemilu yang akan diselenggarakan pada bulan Februari 2024.

Diketahui kegiatan ini berlangsung di ruang Cyber Ditreskrimsus Mapolda NTT, Selasa 7 November 2023. Sebagai upaya untuk menciptakan situasi aman dan nyaman di media sosial.

Baca Juga: Polda Gorontalo Gelar Apel Gabungan Guna Meminimalisir Pelanggaran

Tim Cyber Patroli Polda NTT terdiri dari enam personel Subsatgas Siber yang telah dikerahkan untuk melaksanakan patroli siber. Mereka dipimpin oleh Kompol Yan Kristian Ratu, S.H., sebagai Kasubsub Satgas Lidik, didampingi AKP Amru Ichsan, S.H., sebagai Kasubsub Satgas Sidik, dan empat anggota lainnya yang siap menjalankan tugas mereka dengan penuh dedikasi.

Sasaran utama dari patroli siber ini adalah media sosial dan media online, di mana personel Subsatgas Siber akan memantau berbagai informasi dan isu yang berkaitan dengan pemilu. Selain itu, mereka akan mengumpulkan data dan mengolahnya guna mencegah tindakan cyber crime yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu, patroli siber ini juga mencakup pengecekan keamanan data dan situs web penyelenggara pemilu.

Kepala Satuan Tugas Siber (Kasatgas Siber) Kombes Pol. Kuswandi Irwan, S.I.K., menjelaskan Dengan adanya patroli ini, diharapkan potensi ancaman cyber crime dapat diminimalisir, sehingga pemilu dapat berjalan dengan aman dan transparan, Selasa (7/11/23).

(ri/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment